7 Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Sendiri

0
31
views
sumber: google.co.id

Memang ketika ini sudah banyak tersedia pemanas air di pasaran. Diperbandingkan dengan pemanas air energi listrik dan gas karenanya pemanas air energi sang surya lebih diunggulkan oleh masyarakat. Hal ini tentu saja tak terlepas dari profit pengaplikasiannya yang lebih besar. Salah satunya yaitu lebih hemat kekuatan. Pemanas air energi surya benar-benar cuma memanfaatkan cahaya sang surya sebagai suplai energi utama.
Metode membikin pemanas air energi surya sendiri
Pemanas air dengan energi sang surya memang sudah banyak tersedia di pasaran. Tapi bagi Anda yang mempunyai keterampilan, pemanas dengan memanfaatkan energi surya ini bisa diwujudkan sendiri dengan gampang. Pembuatan pemanas ini memerlukan sebagian selang dan pipa yang sengaja dibentuk zigzag di atas panel papan. Hal ini bertujuan agar kekuatan panas yang didapatkan selang pipa hal yang demikian bisa menyebar secara merata sebelum hasilnya dialirkan pada air. Berikut ini yaitu sebagian langkah atau metode membikin pemanas air energi sang surya yang dapat dijalankan sendiri di rumah:
1. Buatlah lubang pada galon
Langkah pertama dalam membikin pemanas air energi solar simpel di rumah yaitu dengan melubangi galon pada bangian atas dan bawah dengan diameter yang sama dengan diameter selang.
2. Pasanglah pipa paralon dan sambungan T
Kemudian pasanglah pipa paralon dan sambungan T dengan melekatkan silicone rubber lalu sambung dengan selang.
3. Bungkus galon dengan almunium foil
Lalu bungkuslah galon dengan aluminum foil secara keseluruhan agar temperatur air panas di dalamnya konsisten terjaga dan bendung lama.
4. Pasang selang dengan alu zigzag di atas papan pelat besi
Metode membikin pemanas air energi solar berikutnya yaitu dengan memasang selang meniru peraturan pemasangan zigzag di atas papan pelat besi.
5. Masukkan ujung selang ke lubang galon
Kemudian masukkan ujung selang ke dalam komponen atas galon yang telah dilubangi dan rekatkan lagi dengan silicone rubber. Lalu tempatkan galon di dekat kamar mandi
6. Letakkan papan panel selang di atas atap rumah
Langkah selanjutnya dalam pembuatan solar water heater yaitu meletakkan papan panel di atas atap rumah agar bisa menangkap cahaya sang surya secara total sepanjang hari. Berikutnya, aliri galon dengan air hingga terisi penuh, melainkan jangan hingga overload.
7. Air panas dalam galon bahkan siap dialirkan
Terakhir tinggal menunggu sekitar 5 sampai 6 jam karenanya temperatur 50 derajat air panas telah dapat didapatkan untuk beraneka kebutuhan seperti mandi, cuci piring, cuci pakaian, dan sebagainya.
Terbukti metode membikin pemanas air energi surya tak serumit yang dibayangkan. Dengan meniru sebagian langkah yang tertera di atas, metode pembuatannya akan jauh lebih gampang dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membikin pemanas ini juga gampang ditemui.

 

Sumber: intisolar.com