Bagian Pemanas Air Tenaga Solar Yang Krusial untuk Dirawat

0
29
views
sumber: google.co.id

Bagi pemula wajib tahu bahwa ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dikerjakan untuk perawatan pemanas air daya solar. Tujuannya untuk membikin tiap-tiap komponennya tetap memiliki fungsi yang bagus. Observasi perawatan untuk komponen dalam dan luar yang direkomendasikan lebih bagus.
Bagian Pemanas Air Daya Solar Yang Krusial untuk Dirawat

  1. Perawatan komponen dalam
    Hal pertama yang perlu diamati dalam perawatan solar water heater yakni komponen dalamnya. Dilema yang terjadi pada komponen dalam yakni pada komponen tangkinya yang dekil atau banyak endapan kapur di dindingnya.
    Dilema lain yang terjadi juga sebab adanya kerak yang merekat pada panel kolektor panasnya. Seandainya tidak dibersihkan kerak ini akan menjadi keras dan menyumbat sinar UV yang diserap.
    Pertama, matikan pemanas air lebih-lebih dahulu agar memudahkan pengerjaan eksekusi dan membikin tangkinya lebih dingin. Kemudian matikan juga aliran air yang masuk untuk mengisi komponen tangkinya untuk memudahkan pembersihan. Barulah bisa dilanjut untuk menguras komponen panel dan juga penampung airnya.
    Anda bisa mengungkap pasang komponen yang diperlukan agar pembersihannya tidak terganggu. Lakukan pembersihan tanpa mengaplikasikan cairan sabun agar tidak merusak komponen instalasinya. Setelah pengerjaan pengurasan selesai jangan lupa untuk memasang kembali valve dan komponen lain yang diperlukan.
    Hidupkan kembali pemanas air dan juga nyalakan saluran air yang mengisi komponen tangkinya. Barulah cek kembali panel yang sudah tidak tersumbat endapan ini terkait dengan kemampuannya dalam mengikat panas dan memanaskan air.
  2. Perawatan komponen luar
    Tak cuma dalam komponen pemanas air daya sang surya yang memerlukan pembersihan. Riilnya Anda juga wajib melaksanakan pembersihan pada komponen luar pemanas airnya.
    Bagian luar ini juga acap kali terjadi masalah lebih-lebih pada hal kotoran yang merekat di badannya. Mengingat komponen luar ini acap kali terkena paparan sinar sang surya dan hujan secara langsung. Tentunya tidak ada pelindung agar maksimal dalam meresap sinar UV.
    Perawatan yang bisa dikerjakan untuk komponen luar ini yakni dengan memandang sambungan yang ada. Anda bisa mengecek pada komponen sambungan, komponen kelistrikan dan komponen lain yang masih berkesinambungan. Pastikan semua komponennya masih berfungsi bagus dan tetap bagus kondisinya.
    Untuk komponen yang terbuat dari kaca atau komponen yang aman lakukan pengelapan mengaplikasikan air dan campuran sabun. Tujuannya untuk mengelap kotoran yang sudah tebal agar tetap bagus dan terjaga komponennya. Bagian komponen luar ini juga wajib dibilas agar tidak ada sisa sabun yang masih ada di dalamnya.
    Perawatan dalam pemanas air daya solar yakni kunci agar pemanas air bisa lebih awet dan bermanfaat lebih bagus. Pemanas air ini juga akan berkurang fungsinya sekiranya terlalu dekil sebab performa yang dikerjakan lebih banyak. Apalagi yang dekil ada pada komponen dalamnya karenanya akan amat memberi pengaruh performa dari perangkat yang ada di dalamnya.

Sumber: intisolar.com