Cara Merawat Pemanas Air Tenaga Solar Dari Dalam dan Luar

0
20
views
sumber: google.co.id

Metode merawat pemanas air daya solar dari dalam dan luar mesti dikenal agar pemanas air hemat daya ini bisa berprofesi optimal. Apabila dibandingi dengan pemanas air sebelumnya merupakan bertenaga listrik dan gas, pemanas air daya solar jauh lebih hemat kekuatan. Pemanas ini cuma menerapkan cahaya sang surya sebagai sumber kekuatan utama. Yang mana cahaya sang surya ialah sumber tenaga alam yang dapat diperbarui. Tak seperti pemanas lain yang menerapkan listrik dan gas sebagai sumber daya utama.
Metode Merawat Pemanas Air Energi Solar Dari Dalam dan Luar
Pemanas air daya sang surya tentu memerlukan perawatan rutin untuk bisa berprofesi optimal. Diperbandingkan dengan pemanas air lainnya, pemanas air daya surya tidaklah memakan tarif tinggi untuk perawatannya. Perawatan perlu dikerjakan dari dalam dan luar. Berikut ini ialah sebagian sistem atau langkah yang bisa dikerjakan untuk melaksanakan perawatan pemanas air daya sang surya dari dalam.
• Menguras tangki
Langkah pertama dalam merawat pemanas air daya solar dari dalam dengan melaksanakan pengurasan tangki. Kecuali tangki, panel kolektor juga perlu dikuras agar terbebas dari kerak atau endapan kotoran. cara kerja pengurasan tangki serta panel kolektor tentu mesti dikerjakan denfab prosedur yang benar. Dengan semacam itu, tak ada dilema yang timbul dikemudian hari. Sebagian langkah pengurasan yaitu sebagai berikut.
1. Menentukan relasi listrik dari alat atau mesin pemanas air daya sang surya. pastikan segala arus listrik diputus secara khusus dulu.
2. Kemudian tutuplah berhenti kran yang terpasang pada masing-masing pipa terutama pada komponen intlet.
3. Sesudah itu, barulah kuras tangki pemanas air dengan membuka seluruh dop yang terdapat pada komponen bawah panel kolektor. Jangan lupa untuk melepas pula komponen valve.
• Pasang kembali dop dan valve
Sesudah air sukses dikeluarkan atau dikuras bersih, tunggu sampai kurang lebih 30 menit barulah pasang kembali segala dop serta valve yang tadinya dilepas.
• Panaskan saluran air dalam panel kolektor
Sesudah dop dan valve selesai dipasang, lalu panaskan saluran dalam panel kolektor. Metode ini dikerjakan dengan sistem menjemur panel kolektor hal yang demikian di bawah cahaya sang surya selama 1 ½ sampai 2 jam.
• Mengisi ulang tangki
Barulah isi kembali tangki pemanas dengan air sesudah panel kolektor sukses dipanaskan. Tangki yang sudah dikuras akan kembali bersih dan terbebas dari endapan.
Sesudah dibersihkan dari dalam, mesin solar water heater juga perlu dirawat dari luar. Sebagian langkah pembersihan atau perawatan pemanas air dari luar yaitu sebagai berikut.
• Membersihkan panel kolektor
Perawatan pemanas air dari luar yang pertama ialah dengan membersihkan panel kolektor. Pembersihan panel kolektor dikerjakan menerapkan sabun detergen atau cairan pembersih kaca. Seletah dibersihkan dengan bahan hal yang demikian, bilaskan panel kolektor hal yang demikian sampai bersig kemudian dilap dengan kain halus sampai kering dan tak mengandung air. Agar lekas kering, ANda juga bisa menempatkan panel kolektor di daerah yang mempunyai curah angina atau cahaya sang surya tinggi.
• Memeriksa segala sambungan
Sesudah membersihkan panel kolektor, periksalah seluruh sambungan mulai dari pipa sampai jalanan kelistrikannya. Pemeriksaan dikerjakan untuk mengenal dan menyelesaikan kebocoran jikalau ada. Pengecekan ini juga dikerjakan untuk menentukan segala pipa dan arus kelistrikan masih berprofesi secara normal dan optimal.
Sesudah membaca uraian di atas, bisa dikenal bahwa sistem merawat pemanas air daya solar dari dalam dan luar bisa dikerjakan sendiri dengan gampang. Agar lebih terawat, sebaiknya lakukan servis oleh daya pakar secara rutin dan berjangka. Minimal satu kali dalam 2 atau 3 bulan di samping melaksanakan perawatan seperti yang dibeberkan di atas.

 

Sumber: intisolar.com