Cara Simpan Air Panas Dari Pemanas Air Tenaga Surya yang Aman

0
17
views
sumber: google.co.id

Mempunyai pemanas air energi surya memang semestinya dijaga dan dirawat serutin mungkin. Tujuannya supaya mesin dari pemanas hal yang demikian dapat bertahan dengan lama atau awet. Melainkan kecuali menjaga mesinnya, terbukti untuk menaruh air panas yang telah diciptakan oleh pemanas air energi solar juga semestinya dilihat. Dalam hal ini supaya air panas hal yang demikian dapat tersimpan dengan aman.

Berikut yaitu sebagian sistem yang dapat Anda lakukan untuk menaruh air panas dengan aman.

Sistem menaruh air panas dari pemanas air energi surya supaya aman

1.            Memeriksa katup keselamatan

Pertama yang penting Anda lakukan yaitu memeriksa katup tekanan. Katup hal yang demikian bermanfaat sebagai bagian untuk mencegah supaya air panas tak meledak dikala suhunya menempuh spot tertinggi atau kritis.

Setidaknya minimal enam bulan sekali, Anda semestinya memeriksa katup hal yang demikian dengan mengangkat tuasnya ke atas. Katup akan berfungsi dengan bagus jikalau terdapat ari yang menetes.

2.            Memeriksa pengendalian suhunya

Jaga temperatur dari solar water heater Anda pada temperatur sekitar 49 derajat Celsius supaya air panas di tangki dapat dipakai melainkan tak terlalu panas. Penting juga untuk senantiasa mencampurkan air panas dengan air dingin sebelum dipakai untuk mandi.

Umumnya perbandingannya yaitu 1:2 dimana lebih banyak air dingin yang dapat Anda pakai. Jangan lupa juga untuk menikmati apakah air hangat hal yang demikian layak atau aman dikala terkena kulit Anda.

3.            Isi air pada tangki lebih-lebih dahulu supaya tak terbakar dikala dipanaskan

Berikutnya hal yang penting untuk dilihat yaitu isi air lebih-lebih dahulu pada tangki supaya dikala dipanaskan tak terbakar. Contohnya ini sebab tabung pemanas air energi solar yang tak diisi air lebih-lebih dulu sebelum dipanaskan, ditakutkan akan rusak atau terbakar sebab isi tangki yang panas dalam situasi kosong. Oleh sebab itu penting untuk senantiasa memeriksa tabung air dikala akan dipakai atau dalam situasi kosong.

4.            Mempunyai rutin memeriksa RCCB atau Residual Current Circuit Breaker

RCCB yaitu bagian yang bermanfaat untuk mendeteksi apakah ada tegangan tinggi yang tak normal pada pemanas air energi sang surya. Sekiranya seperti RCCB mendeteksi adanya petunjuk yang tak normal pada pemanas air surya Anda secara tiba-tiba umpamanya kebocoran arus.

Dalam hal ini kebocoran arus hal yang demikian dapat mengakibatkan gangguan pada daya kerja listrik di rumah. Untuk itu penting supaya bagian ini dapat berfungsi secara optimal supaya dapat melindungi rumah Anda.

Mempunyai pemanas air energi surya memang tak dapat dibolehkan demikian itu saja. Anda semestinya secara rutin senantiasa mengerjakan pemeriksaan pada metode pemanas hal yang demikian. Tujuannya supaya tak ada hal-hal yang berbahaya nyawa Anda dan keluarga.  Anda kurang yakin dengan situasi pemanas air energi solar hal yang demikian, akan lebih bagus jikalau Anda memanggil teknisi yang berpengalaman.

Sumber: intisolarbandung.com