Kelebihan Pemanas Air Tenaga Matahari Ramah Lingkungan

0
202
views
sumber: google.co.id

Pemanas air energi matahari ramah lingkungan – ialah sebuah unit alat yang menggunakan prinsip kerja dengan menahan serta mengumpulkan panas matahari lalu tenaganya didistribusikan untuk memanaskan air. Alat ini tak hanya bekerja dikala ada cahaya matahari saja. Akan melainkan alat ini kapabel menampung air panas dan mempertahankan suhunya sampai jangka waktu ke depan meski cuaca sedang tak ada cahaya matahari terik.
Kelebihan menggunakan pemanas air energi matahari ramah lingkungan
Sekiranya dulu mandi air panas atau hangat hanya dapat dilaksanakan di hotel, dikala ini dapat dilaksanakan di rumah. Hal ini dapat terwujud dengan menggunakan solar water heater yang ramah lingkungan. Berikut daftar keuntungan menggunakan pemanas air energi surya ramah lingkungan:
• Tidak mewujudkan polutan negatif
Keunggulan penerapan pemanas air energi surya yang pertama ialah tak mewujudkan polutan negatif. Pada umumnya, pemanas air energi listrik atau gas dapat mewujudkan zat karbondioksida yang kapabel mencemari lingkungan. Polutan udara ini memberikan imbas negatif tak hanya bagi kesehatan manusia melainkan kehidupan makhluk hidup secara keseluruhan. Berbeda dengan Pemanas air energi matahari yang memang lebih sehat dan lebih aman. Hasil karbondioksida pada unit pemanas air dari energi surya sungguh-sungguh minim sehingga tak berakibat buruk.
• Hemat energi
Pantas dengan Namanya, pemanas air dengan energi matahari menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi utamanya. Sedangkan tetap memerlukan energi listrik, melainkan sungguh-sungguh minim sekali. Dikala pasokan cahaya matahari mencukupi atau melimpah, unit pemanas air ini tak lagi memerlukan energi listrik untuk dapat memproduksi air panas. Hal ini tentu membuat solar water heater menjadi lebih hemat energi.
Cahaya matahari ialah sumber energi alam yang dapat diperbarui sehingga penerapannya tidaklah terbatasi. Berbeda dengan pemanas air energi listrik atau gas dimana listrik dan gas tergolong dalam sumber energi alam yang tak dapat diperbarui. Pemakaian sumber energi alam tak dapat diperbarui dapat memicu pemanasan global.
• Suplai air panas sepanjang tahun
Keuntungan penerapan pemanas air energi solar berikutnya ialah suplai air panas dapat diberikan sepanjang tahun. Khusus negara tropis termasuk Indonesia yang mendapatkan pancaran cahaya matahari yang melimpah. Dengan semacam itu, tak ada permasalahan bagi para penggunanya untuk dapat mendapatkan air panas dari unit pemanas air energi matahari.
Suplai atau penyediaan air panas yang dapat terjadi sepanjang tahun atau dalam kurun waktu selama mungkin dikarenakan cara kerja unit pemanas ini berjalan sepanjang tahun. Kalaupun dikala mendung atau hujan yang cukup intens, penampang atau kolektor panas matahari tetap bekerja. Sekiranya terpaksanya tak dapat menerima cahaya matahari sedikit malahan, cara boiler masih dapat berjalan dengan memanfaatkan energi listrik.
Ternyata keuntungan menggunakan pemanas air energi matahari ramah lingkungan sungguh-sungguh baik. Selain dapat menghemat energi, air panas juga sungguh-sungguh berkhasiat bagi kesehatan.

 

Sumber: intisolar.com