Lokasi Pemasangan Pemanas Air Tenaga Surya

0
33
views
sumber: google.co.id

Water heater mempunyai banyak sekali macam dengan atau tanpa tangka tampungan. Di samping pemanas air kekuatan listrik dan kekuatan gas, pemanas air dengan memanfaatkan cahaya sang surya diukur paling aman dan amat hemat dibanding pemanas air lainnya. Hal ini sebab menerapkan kekuatan surya yang tergolong sumberdaya alam bisa diperbaharui. Artinya cahaya sang surya akan senantiasa ada tiap-tiap waktu. Tak seperti daya listrik yang lama-lama bisa habis. Biaya listrik bahkan kian naik setiap waktunya.
Lokasi pemasangan pemanas air kekuatan surya yang pas
Terbukti untuk menciptakan kierja yang optimal dana aman, lokasi pemasangan bagian solar water heater tak dapat sembarangan. Berikut ini penjelasannya:
• Panel kolektor hendaknya ditepatkan pada llokasi yang bisa terkena segera cahaya sang surya tanpa terhalang apa saja seperit pohon, benteng dan lain sebagainya sepanjang tahun.
• Pilihlah spot lokasi utama pemasangan dimana pipa instalasi yang diperlukan seminimal mungkin untuk menjangkau spot keluaran atau output.
• Konstruksi bangunan patut amat diamati yang sanggup membendung berat alat pemanas air kekuatan surya yang tak ringan.
Sistem kerja pemanas air kekuatan surya
Memang ketiga tipe pemanas air merupakan yang menerapkan kekuatan listrik, gas, dan kekuatan surya mempunyai sistem kerja yang hampir sama. Cuma saja pemanas air kekuatan surya diklaim mempunyai metode instalasi yang lebih simpel dibanding keduanya. Malah dari segi keamanan bahkan tipe pemanas ini juga yang paling bagus. Ilustrasi sistem kerja pemanas air kekuatan sang surya ini juga bisa dipahami dengan kencang.
Pemanas air yang mengguakan kekuatan surya mempunyai bagian komplit berupa panel kolektor serta tangki dimana keduanya dikaitkan dengan dua pipa. Panel kolektor mempunyai penutup yang terbuat dari kaca. Kaca inilah yang berfungsi sebagai penangkap dan penyimpan cahaya sang surya. di dalam tutup kaca ini terdapat susunan rangkaian pipa absorber yang terbuat dari tembaga yang dipakai sebagai jalanan air.
Tangki ialah unsur yang amat penting yang berfungsi untuk menampung serta menaruh air yang sudah berinsulasi. Sistem kerjanya hampir mirip seperti thermos yang sanggup menampung air panas tapi juga menjaga suhunya.
Panel kolektor yang menangkap cahaya sang surya via tutup kacanya akan mengalirkan panas dari sirip absorber menuju pipa-pipa tembaga yang sudah berisi air secara otomatis. Hal ini sebab adanya prinsip natural yang dimiliki air yakni Thermosiphon. Prinsip ini ialah cara kerja alamiah perpindahan panas yang terjadi pada air sebab adanya cara kerja konveksi air.
Secara sederhananya, prinsip kerja pemanas air kekuatan solar adalah panel kolektor menangkap cahaya surya dan mengalami pemansan lalu akan bermigrasi menuju tangka dan pada waktu yang berbarengan, air yang sudah tersimpan di dalam air yang mempunyai temperatur rendah bisa terdorong turun menuju panel kolektor. Dengan semacam itu, temperatur air bahkan akan meningkat menjadi hangat atau panas dan dialirkan via pipa menuju kran penggunanya.
Via penjelasan di atas, bisa dikenal perihal sistem kerja pemanas air kekuatan surya yang memang tak serumit yang dibayangkan. Lokasi pemasangannya bahkan patut diamati dengan seksama agar tak terjadi kerusakan.

 

Sumber: intisolar.com