Manfaatkan Pemanas Air Tenaga Surya untuk Membersihkan Telur Tetas

0
33
views
sumber: google.co.id

Membersihkan telur ayam ternyata bisa memakai air hangat dari pemanas air kekuatan surya. Telur ayam yang akan ditetaskan ternyata juga wajib dibersihkan dari kotoran seperti bulu yang melekat, feses sampai tanah yang bisa saja melekat pada permukaan telur. Tujuan dari dibersihkannya telur tersebut agar proses penetasan telur bisa sukses. Selain itu juga bertujuan agar telur yang akan ditetaskan tak terkontaminasi oleh kuman, hama sampai penyakit selama proses penetasan berlangsung.
Telur ayam yang akan ditetaskan juga penting untuk dibersihkan agar menjaga zona penetasan konsisten steril serta menjaga kebersihan dari mesin untuk menetaskan telur. Tujuannya agar telur tak meledak sebab terlalu banyak kuman yang terkumpul pada cangkang telur tersebut. Sebab kalau terlalu banyak kotoran maka walhasil telur akan gagal menetas. Untuk itu sangat penting untuk menjaga atau membersihkan cangkang telur dari berbagai kotoran agar tak memunculkan kegagalan penetasan pengaruh terkontaminasi kuman dan virus. Berikut adalah cara untuk membersihkan telur memakai air hangat.
Manfaatkan Pemanas Air Kekuatan Surya untuk Membersihkan Telur Tetas
Untuk membersihkan telur dari kotoran yang melekat, ternyata air hangat dari solar water heater mempunyai kelebihan yang cukup baik kalau dibandingi dengan memakai air dingin. Selain itu memakai air hangat juga akan lebih memudahkan Anda untuk membersihkan telur sebab kotoran lebih gampang dan kencang terangkat. Sehingga Anda tak perlu kekuatan yang besar untuk membersihkan kotoran yang melekat pada telur tersebut.
Alat dan bahan yang Anda perlu persiapkan
• Wadah atau baskom
• Spons dengan permukaan yang halus
• Telur ayam
• Air hangat dari pemanas solar
Sistem membersihkan telur sebelum dilakukan penetasan:

  1. Pertama siapkan air hangat, wadah atau baskom dan juga sponsnya untuk proses membersihkan telur sebelum ditetaskan.
  2. Kemudian, Anda bisa membasahi spons dengan air hangat dari pemanas air kekuatan matahari dan usapkan secara pelan dan juga hati-hati pada permukaan telur. Bersihkan sampai semua kotoran yang melekat pada telur bisa seluruhnya terangkat.
  3. Bila Anda tak mempunyai spons, maka gunakan kain dengan bahan yang lembut seperti kain microfiber yang lunak.
  4. Untuk mengeringkannya, Anda bisa mengangin-anginkan saja atau mengelapnya memakai lap kain yang bersih dan lembut. Ketika telah kering, Anda bisa memasukkan telur ke dalam mesin penetas telur untuk proses selanjutnya.
  5. Kain atau spons dengan bahan yang lembut diperlukan agar tak merusak kulit komponen luar telur atau kutikula. Dikarenakan kutikula yang rusak akan menyebabkan pori-pori telur yang terbuka dan mengakibatkan kegagalan pada proses penetasannya.
    Untuk menetaskan telur, ternyata juga wajib dibersihkan memakai air hangat dari pemanas air kekuatan matahari. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan kontaminasi kuman yang bisa menyebabkan kegagalan pada proses penetasan telur memakai mesin penetas.

Sumber: intisolarsurabaya.com