Perawatan Pemanas Air Tenaga Matahari Bagian Dalam vs Luar

0
14
views
sumber: google.co.id

Salah satu hal yang penting tapi cukup susah untuk dilaksanakan sebagian orang merupakan merawat bagian dari sebuah teknologi. Salah satunya juga merawat bagian dari pemanas air daya sang surya. Merawat bagian dari pemanas air daya sang surya merupakan hal yang penting dilaksanakan.

Anda memang tak perlu merawatnya tiap-tiap hari, tapi Anda dapat mengerjakannya setidaknya 2 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Berikutnya ini dikarenakan supaya menjaga cara atau metode kerja dari pemanas air hal yang demikian konsisten baik dan aman. Sehingga Anda juga tak perlu mengeluarkan tarif tambahan untuk membeli bagian yang rusak hal yang demikian sebab telah Anda rawat dengan bagus.

Merawat bagian dari pemanas air daya sang surya memang bukan hal yang gampang. Tak segala orang juga tahu dengan bagian yang ada pada pemanas air daya sang surya. Berikut merupakan sebagian perawatan pada pemanas air Anda yang dapat dilaksanakan sendiri di rumah.

Metode perawatan pemanas air daya sang surya

Perawatan untuk pemanas air daya sang surya dapat dilaksanakan dari dua komponen merupakan perawatan komponen luar dan komponen dalam.

1.            Perawatan pemanas air komponen luar:

•             Berikutnya pertama yang dapat Anda lakukan merupakan membersihkan panel kolektor solar water heater. Anda dapat memakai air sabun atau air dari pembersih kaca. Kemudian bilas panel hal yang demikian dengan air bersih. Selain untuk mengeringkannya, Anda dapat memakai lap bersih sampai panel pemanas hal yang demikian kering.

•             Pada komponen luar cara pemanas air pasti akan ada banyak sambungan yang dipakai. Anda dapat memeriksa sambungan hal yang demikian dan menentukan sekiranya tak ada kebocoran seperti pada pipa. Setelah itu periksa juga bagian lainnya seperti kelistrikan dan juga valve. Pastikan juga bagian hal yang demikian masih berprofesi dengan normal dan bagus.

2.            Perawatan pemanas air komponen dalam:

Untuk perawatan komponen dalam, Anda dapat membersihkan tangki dengan metode mengurasnya. Berikutnya ini dilaksanakan untuk menghilangkan kerak-kerak yang ada didalam tangki hal yang demikian dan konsisten menjaga kwalitas air yang bersih. Berikut merupakan metode yang dapat Anda lakukan.

•             Putuslah relasi listrik dengan alat atau bagian pemanas air daya solar. Berikutnya ini dilaksanakan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.

•             Tutup berhenti keran pada komponen intlet.

•             Bersihkan mesin pemanas air hal yang demikian dengan membuka segala plug pada komponen bawah panel dan lepas valve.

•             air telah terkuras semuanya, Anda dapat memasang kembali valve dan dop yang tadi telah dibuka.

•             Panaskan alur-alur air yang ada didalam panel kolektor dengan menjemurnya sekitar 1 sampai 2 jam.

•             Terakhir Anda dapat mengisinya kembali dengan air dingin.

 hal yang perlu dipandang saat Anda menjalankan perawatan pemanas air daya sang surya bagus dari luar maupun dari dalam merupakan menghindari untuk membersihkannya dengan larutan pembersih yang sifatnya korosif. Berikutnya ini dilaksanakan supaya pada panel kolektor hal yang demikian tak terjadi kerusakan yang justru merugikan Anda.

Sumber: intisolarsurabaya.com