Perbedan AC VRF dengan AC Split

0
21
views
Perbedan AC VRF dengan AC Split

AC VRF yaitu macam pendingin udara yang telah mulai dikenal dari seperempat abad yang lalu. AC VRF lebih kerap kali dikenal dengan nama AC VRV yang yaitu pendingin udara dengan variable volume refrigerant. Dasar dari sistem kerja pendingin udara macam ini yaitu unit outdoor yang sedikit kapabel menyuplai unit indoor dengan jumlah yang jauh lebih besar.
Perbedaan AC Split dengan AC VRF
AC VRF atau Variable Refrigerant Flow yaitu macam pendingin udara yang benar-benar banyak digunakan di dunia saat ini. Kemunculannya memang telah sejak tahun 80-an akan tetapi baru fenomenal dan banyak digunakan pada tahun 2000-an. Sebelumnya masyarakat dunia lebih banyak menerapkan AC split untuk kepentingan ruahan atau bangunan komersial. Namun saat ini telah banyak yang beralih ke penyejuk ruangan VRF. Lantas apa perbedaan kedua macam AC tersebut?
• Keperluan trek pipa
Kedua macam penyejuk ruangan bagus AC konvensional ataupun macam VRF mempunyai trek pipa. Namun bedanya, pendingin ruangan VRF hanya membutuhkan satu trek pipa saja sehingga lebih praktis dan hemat tempat. Satu pipa outdoor dalam AC VRF kapabel melayani sebagian indoor dalam satu waktu.
• Perbedaan expansion valve
Perbedaan selanjutnya terdapat pada expansion valve. Bagus AC split dan VRF mempunyai expansion valve. Bedanya, dalam pendingin ruangan macam split hanya mempunyai expansion valve tunggal. Padahal pada VRF system, expansion valve terdapat pada tiap trek indoor. Letak expansion valve terdapat pada trek indoor sehingga lebih aman.
• Kapasitas
Kapasitas yang dimiliki pendingin ruangan VRF juga jauh lebih besar diperbandingkan pendingin ruangan konvensional yang masih menerapkan sistem split. Keuntungan ini sebab pada trek outdoor pendingin udara macam ini tergabung menjadi sebagian modul yang membikin kecakapan tampungan atau kapasitasnya menjadi lebih besar dan lebih memadai.
• Teknologi inverter yang digunakan
AC VRF juga telah disempurnakan dengan penerapn teknologi kompresor inverter. Teknologi ini kapabel menjadikan jarak pipa dengan hitungan paling jauh sekitar 165 meter ke arah horizontal serta 90 meter ke arah vertikal.
Namun menerapkan AC VRF
Memang diakui kalau tarif pengaplikasian AC VRF membutuhkan dana yang lebih besar dibanding AC split atau konvensional. Namun kalau dilihat dari daya kerjanya, pendingin ruangan VRF mempunyai lebih banyak keunggulan. Berikut ini daftar profit pengaplikasian AC VRF:
• Maintenance lebih gampang dan terjangkau
Dapat dari segi perawatan atau maintenance, AC bertipe VRF jauh lebih gampang dan terjangkau. Keuntungan ini dikarenakan sistem yang digunakan oleh pendingin ruangan ini yaitu sistem yang telah disentralisasikan.
• Lebih hemat tempat
Ketika dilihat dari skema AC VRV bahwa ac vrf lebih efisien dalam hal tempat. AC macam ini memang membutuhkan lokasi indoor ataupun outdoor tetapi satu pipa indoor bisa melayani sebagian pipa outdoor.
• Volume ruangan lebih efisien
Segi volume ruangan jauh lebih efisien AC VRF dibanding dengan AC split atau konvensional.
pengaplikasian AC VRF jauh lebih efisien dan mempunyai banyak profit kalau diperbandingkan dengan AC split. ini pendingin ruangan macam ini telah semakin banyak digunakan oleh masyarakat di berjenis-jenis negara.