Sistem Kerja Solar Water Heater Mana yang Cocok Bagi Anda?

0
24
views
sumber: google.co.id

Solar water heater mempunyai dua metode kerja yang berbeda. Anda perlu mengenal sebagian metode hal yang demikian, terutamanya dikala Anda baru berkeinginan membeli water heater solar. Dengan demikian itu Anda juga dapat memastikan water heater solar dengan metode kerja seperti apa yang pantas untuk diaplikasikan. Berikut merupakan penjelasan dari variasi metode kerja yang tersedia pada water heater daya sang surya.

Bagaimana metode kerja solar water heater?

1.            Pemanas air bertenaga surya dengan metode pasif.

Pemanas air bertenaga surya dengan metode pasif berarti pemanas ini berprofesi dengan sistem natural. Lebih tepatnya mengaplikasikan prinsip thermosiphon. Sistem kerja dari prinsip ini merupakan dengan air yang telah dipanaskan akan naik secara natural sebab tekanan temperatur dan masuk ke tangki penyimpanan pada water heater solar.

Cara ini berprofesi sebab adanya berbedaan temperatur tinggi dengan temperatur rendah. Temperatur air panas yang tinggi mempunyai massa air yang ringan. Pemasangan panel kolektor juga akan dipasang dengan posisi lebih rendah dari tangki penyimpanannya dengan kemiringan sekitar 20 derajat.

Lazimnya penerapan metode pasif pada pemanas air daya sang surya ini diaplikasikan untuk resident yang keperluan air panasnya diaplikasikan oleh satu keluarga. Lazimnya ukuran atau kapasitas dari tangki penyimpanan yang diaplikasikan sekitar 100 sampai 300 liter.

2.            Pemanas air bertenaga surya dengan metode aktif

Untuk metode aktif membutuhkan alat tolong tambahan adalah pompa. Pompa ini berkhasiat untuk menolong memindahkan air yang telah panas dari panel kolektor ke tangki penyimpanan. Cara ini juga terbilang rumit sebab memerlukan sensor temperatur supaya mengenal perbedaan temperatur antara panel kolektor dengan tangki.

Saat temperatur air panas di kolektor telah lebih dari temperatur air dalam tangki, karenanya pompa akan berprofesi untuk memindahkan air hal yang demikian. Sebaliknya sekiranya air dalam tangki suhunya lebih rendah karenanya akan dikirimkan lebih-lebih dulu pada kolektor untuk dipanaskan dan seterusnya.

Dikarenakan metode ini cukup rumit karenanya umumnya lebih diaplikasikan untuk penerapan yang besar seperti rumah sakit atau hotel. Jika ini juga dikarenakan kapasitas tangki yang besar juga memerlukan sebagian kolektor. Ketika 1000 liter kapasitas tangki memerlukan sekitar 9 panel kolektor.

3 Manfaat dari penerapan pemanas air daya surya

1.            Manfaat yang dapat Anda peroleh merupakan Anda dapat mengaplikasikan air panas tanpa takut pengeluaran bulanan bertambah. Jika ini dikarenakan tenaga yang diaplikasikan untuk memanaskan air didapat dari panas sang surya dimana dapat Anda peroleh secara cuma-cuma.

2.            Lebih ramah lingkungan. Dengan mengaplikasikan pemanas air daya dari surya karenanya Anda juga menolong untuk mengaplikasikan perlengkapan yang lebih ramah lingkungan. Jika ini dikarenakan tenaga dari panas sang surya tak mengeluarkan emisi atau polusi apa malah.

3.            Anda mengaplikasikan water heater surya pada rumah, juga berguna meningkatkan harga jual rumah Anda. Saat dipasarkan, karenanya rumah Anda akan mempunyai harga yang lebih tinggi.

Itulah sederet penjelasan perihal metode kerja serta manfaat pemasangan solar water heater. Semoga berkhasiat.

Sumber: intisolarsurabaya.com