Waktu Terbaik Service Solar Water Heater

0
118
views
sumber: google.co.id

Kapan service pemanas air memang tidak dijalankan secara sembarangan. Sebagai pengguna pemanas air kekuatan surya yang arif, tentu saja tidak sepatutnya menunggu hingga pemanas air mengalami kerusakan untuk dijalankan service. Pemanas air kekuatan surya adalah jenis pemanas air yang paling tepat diaplikasikan dibanding pemanas air kekuatan listrik atau gas. Terdapat beberapa alasan seperti lebih hemat kekuatan, pemasangan lebih mudah, hingga perwatannya yang juga lebih mudah serta hemat.
Langkah perawatan solar water heater
Jangan menunggu hingga air hangat tidak terdistribusikan dengan lancar atau hingga terjadi kerusakan pemanas air kekuatan surya. Sebagai pengguna yang cerdas, tentu Anda akan menjalankan beberapa langkah perawatan yang bisa dengan mudah dijalankan sendiri oleh pemakainya seperti berikut ini:
1. Melakukan pembersihan tangki
Tangki pemanas air kekuatan surya sepatutnya senantiasa dijaga kebersihannya supaya seluruh bagian berjalan dengan normal. Pembersihan tangki bisa dijalankan dengan menguras air yang tersimpan di dalamnya. Kecuali tangki, pengguna juga benar-benar dianjurkan untuk senantiasa membersihkan peripheral sehingga pemanas air kekuatan matahari bisa senantiasa berjalan optimal.
2. Memanggil ahli servis secara terprogram
Tak ada salahnya untuk menjalankan pengecekan atau servis dengan memanggil tukang servis pemanas air kekuatan surya. Pemeriksaan atau service secara terprogram bisa dijalankan dengan tahapan waktu seperti sekali dalam enam bulan atau optimal satu kali dalam setahun. Jangan menunggu hingga ada kerusakan.
Waktu terbaik service solar water heater
Seperti yang ditunjukkan di atas, bahwa sebaiknya servis pemanas air kekuatan surya dijalankan secara terprogram dan jangan menunggu hingga timbul kerusakan. Melainkan jikalau ternyata belum waktunya servis namun pemanas air sudah mengalami beberapa indikasi bahwa tidak berjalan dengan lancar seperti berikut, karenanya inilah waktu yang tepat untuk memanggil ahli service pemanas air kekuatan matahari.
• Kandungan kapur dalam air sudah tinggi
Waktu untuk menjalankan service yang paling tepat adalah dikala kandungan kapur dalam air yang tertampung dalam tangki pemanas sudah tinggi. Ragam air di masing-masing wilayah tentulah berbeda-beda. Segeralah lakukan servis pemanas air jikalau kandungan kapurnya sudah tinggi. Kanungan kapur yang tinggi bisa mewujudkan kerak yang akan mengganggu distribusi air panas.
• Anoda magnesium sudah hampir habis
Anoda magnesium adalah batang yang mempunyai fungsi sebagai anti karat. Apabila bagian ini sudah mengecil atau hampir habis, tandanya Anda sepatutnya segera menjalankan servis untuk menggantinya. Anoda magnesium yang habis akan membuat kerusakan pada bagian lainnya.
• Suhu air menurun drastis
Panggilah ahli servis pada dikala suhu air panas sudah menurun dengan drastis dan tidak seperti umumnya. Lakukan terpenting dahulu pengecekan standar yang bisa dijalankan secara mandiri. Apabila memang sudah tidak bisa mengangani, memanggil tukang servis adalah langkah paling tepat.
Demikianlah ulasan mengenai langkah-langkah perawatan mandiri pemanas air kekuatan surya. Tak cuma itu, lewat ulasan di atas juga ditunjukkan perihal waktu terbaik service solar water heater yang bisa membuat pemanas air kekuatan surya bisa bertahan lebih lama.

 

Sumber: intisolar.com