Hari Libur Maret 2022

0
47
views
sumber: google.co.id

Hari libur Maret 2022 yang tertera di kalender sebagai adalah Hari Suci Nyepi bagi Umat Hindu di Indonesia. Sedangkan demikian itu, masih banyak lagi hari-hari libur dan hari penting yang lainnya di bulan Maret. Dan selalu diperingati sebagai hari penting dari suatu peristiwa sejarah penting.
Daftar Hari Libur Maret 2022
• 3 Maret (Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944)
Untuk hari libur kalender 2022 di bulan Maret yang juga adalah tanggal merah, adalah Hari Suci Nyepi. Nyepi adalah peringatan tahun baru Saka yang berasal dari Kalender Bali dan diperingati sebagai hari besar Agama Hindu. Di tanggal tersebut juga diatur sebagai hari libur dan tanggal merah.
• 6 Maret (Hari Komando Strategis Angkatan Darat atau Kostrad)
Hari lahir Kostrad diperingati tiap tanggal 6 Maret tiap tahunnya. Kostrad dimiliki oleh TNI dan menjadi bagian dari Komando Utama Tempur. Mereka siap beroperasi kapan malah cocok permintaan TNI. Dengan jumlah pasukannya yang selalu dirahasiakan.
• 8 Maret (Hari Wanita/Perempuan Internasional)
Internasional Woman’s Day atau Hari Wanita/Perempuan Internasional mungkin tak diperingati sebagai hari libur nasional tetapi tetap penting untuk dirayakan tiap tanggal 8 Maret.
Perayaan tersebut sudah diawali sejak tahun 1908, yang ditandai dengan terjadinya aksi demo besar-besaran di New York. Para wanita menuntut hak mereka atas pengurangan jam kerja dan meningkatnya standar upah bagi perempuan.
• 9 Maret (Hari Musik Nasional)
Ditetapkannya tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional berasal dari tanggal kelahiran komponis asal Indonesia adalah WR Supratman. Karenanya di tahun 2013 Presiden SBY memastikan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Melainkan tanggal 9 Maret ini juga bukan hari libur 2022 di bulan Maret.
• 10 Maret (Hari Persatuan Seni Film Indonesia)
Hari penting selanjutnya yang ada di bulan Maret adalah Hari Persatuan Seni Film Indonesia. Persatuan Seni Film Indonesia ini berasal dari kemauan para artis dalam membuat suatu organisasi. Perintah pada akibatnya ditetapkanlah tanggal tersebut sebagai hari Parfi.
• 11 Maret (Hari Surat Sedangkan Sebelas Maret)
Perintah bukan termasuk libur panjang 2022 tetapi Supersemar atau Surat Sedangkan Sebelas Maret tentu bukan hal yang asing lagi bagi warga Indonesia. Kesibukan di tanggal tersebut terjadi penandatanganan surat perintah yang dijalankan oleh Presiden Soekarno tahun 1966. Surat perintah tersebut berisi perintah untuk Soeharto dalam mengambil tindakan yang dianggap penting. Untuk keadaan keamanan yang terbilang buruk dikala itu.
• 21 Maret (Hari Syndrom Down Sedunia)
Masih ada lagi hari penting lainnya yang diperingati di bulan Maret adalah Hari Syndrom Down Sedunia. Ada beraneka aktivitas yang dijalankan oleh para penderita Down Syndrom sedunia di tanggal 21 Maret tersebut. Sebab itu juga menjadi latar belakang dari Hari Keterbelakangan Mental.
Kesibukan hanya ada satu hari untuk hari libur bulan Maret 2022 adalah Hari Suci Nyepi, maka belum ada di bulan Maret.

Sumber: hariliburnasional.com