Hari Libur Mei 2020

0
207
views
sumber: google.co.id

Sebagai warga sipil memastikan tanggalan merah bukanlah tugas kita. Kita cuma perlu menunggu pemerintah mengambil keputusan lalu mengumumkannya. Pergantian tahun dari 2019 menjadi 2020 telah di depan mata cuma tinggal hitungan hari. Tak heran seandainya pemerintah sudah mengeluarkan surat keputusan tanggal merah nasional, termasuk hari libur Mei 2020.
Daftar Hari Libur Mei 2020
Tanggalan merah nasional yang berlangsung pada Mei 2020 jauh lebih banyak dari bulan lainnya malahan pemerintah menambah 3 hari cuti bersama. Berikut ini daftar hari liburnya:
• 1 Mei (Hari Buruh Internasional)
Yakni salah satu hari libur nasional tahunan yang dikasih untuk memperingati gerakan serikat buruk yang sudah berjasa banyak terutamanya bagi sektor perekonomian Indonesia. Lazimnya di Hari Buruh International, para buruh akan menjalankan perayaan meriah sebagai wujud kepeduliannya dengan momen sejarah hal yang demikian.
• 2 Mei (Hari Pengajaran Nasional)
Pengajaran yakni suatu kegiatan yang amat penting yang sewajarnya dilihat bukan cuma oleh pemerintah namun segala lapisan masyarakat. Hari Nasional ini bertepatan dengan hari kelahiran tokoh pengajaran terpopuler di Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara.
• 21 Mei (Hari Peringatan Reformasi)
Reformasi yakni era sesudah kekuasaan Presiden Soeharto yang terjadi semenjak pertengahan 1998. Saat Presiden Soeharto lengser dari jabatannya, BJ Habibie selaku Wakil Presiden disumpah sebagai Presiden RI yang baru. Tiap 21 Mei selaku bukan hari libur 2020 diperingati untuk mengingat momen bersejarah yang banyak membawa peluh darah serta air mata hal yang demikian.
• 7 Mei (Hari Raya Waisak 2564)
Anda pasti telah pernah mendengar seputar Waisak, bukan? Waisak yakni hari suci terutamanya bagi mereka yang memeluk agama Buddha. Kecuali disebut sebagai Waisak, banyak pula yang mengenalnya sebagai Visakah Puja (India) Visakha Bucha (Thailand) dan Saga Dawa (Tibet). Mereka yang merayakan Waisak Nasional lazimnya akan menjalankan beraneka acara termasuk ritual Pindapatta dan ritual lainnya.
• 21 Mei (Kenaikan Isa Almasih)
Apabila 10 April 2020 telah diperingati sebagai Wafat Isa Almasih, karenanya pada 21 Mei menjadi komponen hari libur kalender 2020 sebab umat Kristen memperingati Kenaikan Isa Almasih. Momen penting ini konon menjadi peringatan kenaikan Yesus Kristus menuju surga.
• 24-25 Mei ( Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah)
Tiap tahun umat Islam merayakan bulan suci Ramadhon yang ditandai dengan berpuasa selama satu bulan lamanya. Sesudah selesai berpuasa, umat muslim akan merayakan hari keagamaan istimewa yaitu Hari Raya Idul Fitri.
Untuk menghormati segala umat muslim di Indonesia, pemerintah menciptakan tanggal 24-25 sebagai libur panjang 2020. Kenapa disebut sebagai libur panjang, sebab kecuali menerima alokasi libur nasional Anda juga akan menerima alokasi 3 hari cuti bersama.
Dan itulah daftar hari libur Mei 2020 yang sepatutnya untuk Anda antisipasi. Seharusnya diantisipasi sebab alokasi libur yang dikasih oleh pemerintah cukup panjang terutamanya di akhir bulan Mei mulai tanggal 21 Mei-27 Mei. Dengan jumlah libur panjang hal yang demikian, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alokasi wisata atau berkumpul bersama keluarga.

Sumber: hariliburnasional.com