Hari Libur September 2022

0
69
views
sumber: google.co.id

Hari libur September 2022 tak seperti bulan lainnya yang ada di tahun 2022. Yang mana di bulan lain terdapat sebagian tanggal merah yang termasuk ke dalam hari libur. Hari libur di Bulan September 2022 cuma ada di hari Pekan saja. Melainkan masih ada hari penting lainnya di Bulan September seperti di bawah ini.
Daftar Hari Libur September 2022
• 1 September (Hari Polisi Wanita)
Tiap-tiap tanggal 1 September diperingati Hari Polisi Wanita atau Polwan di Indonesia. Peringatan hari libur kalender 2022 itu bermula dari tahun 1948, yakni permulaan di mana Polisi Wanita berdiri.
Sebab mulanya para polisi pria kesusahan untuk menjalankan pemeriksaan, bagus pada korban/tersangka yang berjenis kelamin wanita. Karenanya diperingatilah tanggal 1 September sebagai Hari Polwan hal yang demikian.
• 8 September (Hari Aksara)
Spot permulaan dari diprakarsainya Hari Aksara Internasional dimulai dengan Konferensi Dunia Menteri Pengajaran dalam memberantas buta aksara. Konferensi itu dikerjakan di tanggal 8 dan 9 September 1965. Karenanya tanggal 8 September diperingati sebagai Hari Aksara semenjak tahun 1967.
• 8 September (Hari Pamong Praja)
Masih di tanggal 8 September, ada juga hari penting lainnya yakni Hari Pamong Praja. Meskipun menjadi salah satu hari penting, melainkan hari hal yang demikian tak termasuk ke dalam hari libur nasional di Bulan September 2022. Hari Pamong Praja sudah diperingati semenjak zaman Belanda, sampai dikala ini.
• 9 September (Hari Olahraga Nasional)
Hari Olahraga Nasional di tanggal 9 September sudah dicanangkan oleh Presiden Soeharto semenjak tahun 1993. Ketentuan Hari Olahraga Nasional hal yang demikian berkaitan dengan acara Pembukaan PON I yang diselenggarakan di Kota Solo di tahun 1948. Karenanya tiap tanggal 9 September diadakan pelbagai acara/aktivitas olahraga di Indonesia.
• 11 September (Hari Radio Republik Indonesia)
RRI atau Radio Republik Indonesia senantiasa merayakan hari RRI tiap tanggal 11 September. Tanggal 11 September memang sudah disepakati sebagai Hari Ulang Tahun Institusi Radio yang bersejarah. Tanggal hal yang demikian ialah hari kelahiran RRI, melainkan tak termasuk ke dalam hari libur 2022.
• 11 September (Hari Peringatan Serangan 11 Maret)
Tanggal 11 September juga mempunyai momen bersejarah yang berkaitan dengan momen kelabu. Adalah dikala serangan bunuh diri terjadi di Washington DC. Oleh golongan teroris Al Qaeda menubruk menara kembar WTC atau World Trade Centre di tahun 2001.
• 17 September (Hari Palang Merah Indonesia)
Untuk tanggal 17 September senantiasa menjadi Hari Palang Merah Indonesia yang diperingati tiap tahunnya sebagai libur panjang 2022. PMI sudah didirikan oleh Moch Hatta semenjak tahun 1945 di tanggal 17 September hal yang demikian. Sehingga hingga kini tanggal hal yang demikian senantiasa diperingati sebagai Hari PMI.
Meskipun tidak ada hari di Bulan September, melainkan masih ada hari libur panjang lainnya di bulan-bulan yang lain. Sebab memang tak ada hari libur September 2022 yang terkait dengan hari penting tertentu.

Sumber: hariliburnasional.com