Mengenal Konservasi Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah

0
13
views
sumber: google.co.id

Taman Nasional Sebangau ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Tengah. Wilayah ini ialah daerah konservasi yang dikelilingi oleh Sungai Katingan dan Sebangau. Memiliki luas 568.700 hektar yang berisi 116 tipe burung Borneo 25 tipe mamalia, 36 tipe ikan, serta ratusan tipe flora yang juga bertempat tinggal di dalamnya. Inilah beberapa hal yang seharusnya Anda ketahui sebelum berkunjung ke daerah tamasya ini.

Kabar penting tentang Taman Nasional Sebangau

1.            Akses menuju lokasi

Mengenai jalan masuk ke lokasi Taman Nasional Sebangau sedikit rumit. Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menuju taman tamasya ini:

–              Lewat Sungai Klotok dan menebas kegelapan hutan rimba di dalamnya. Walaupun sedikit menantang adrenalin namun cara ini ialah cara tercepat untuk sampai ke daerah tujuan. Namun jangan memulai perjalanan di petang hari atau bahkan malam hari sebab keadaan jalan yang gelap.

–              Bila cuma sekedar berkeinginan mengamati-lihat dari luar tanpa memasukinya, pengunjung cukup menaiki kapal milik warga sekitar yang bisa disewa untuk melintasi Danau yang ada di dekat taman ini.

–              Untuk lebih mudahnya, pengunjung bisa meregistrasikan diri pada paket tamasya yang disediakan yang berlokasi di gerbang terdekat Desa Kireng Bangkirei.

2.            Sewa kapal dan tarifnya

Berjalan-jalan yang tidak umum dan tidak cepat lelah bisa mengaplikasikan alternatif sewa kapal klotok yang mempunyai tipe ukurannya. Dengan harga Rp 350.000,- per kapalnya yang bisa diisi tiga sampai 4 orang di dalamnya. Pemandangan hamparan ratusan hektar Pohon Rasau yang cantik akan disuguhkan kepada para pengunjung yang via danau ini.

Pohon ini bentuknya mirip dengan pandan laut yang biasanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan anyaman. Air yang ada di rawa ini berwarna hitam yang menjadi pertanda masih alaminya wilayah ini.

3.            Tarif masuk dan fasilitasnya

Tarif masuk taman Sebangau dibanderol seharga Rp. 7500,- per orangnya dan bisa berjelajah serta merasakan segala fasilitas sepuasnya. Ada beberapa hal yang tidak diperkenankan dilaksanakan selama berada di taman ini seperti seharusnya mengaplikasikan lotion anti nyamuk supaya terlindungi dari nyamuk ketika via hutan. Bawalah makanan dan minuman untuk camilan namun jangan lupa bawa lagi sampah Anda. Terakhir siapkan jas hujan untuk melindungi diri seandainya tiba-tiba hujan.

4.            Larangan dan peringatan di Taman Sebangau

Pertama ialah walaupun airnya bening namun kongkritnya dilarang mandi sebab banyak buaya di sana. Kedua ialah larangan membuang sampah sembarangan sebab akan mengotori wilayah tamasya ini. Dalam tamasya ini tidak ada sinyal untuk HP sehingga akan susah untuk mengaplikasikan ponsel Anda. Yang terakhir, ketika memasuki wilayah ini tidak ada angkutan umum sehingga pengunjung bisa mengaplikasikan jasa ojek umum atau ojek online.

Itulah hal-hal yang seharusnya diperhatikan sebelum berkunjung ke Taman Nasional Sebangau.

Sumber: hariliburnasional.com