Pesona Menawan Kota Tua Jakarta

0
32
views
sumber: google.co.id

Jakarta yakni sentra pemerintahan semenjak jaman dahulu, dari zaman penjajahan sampai hingga kini. Banyak peninggalan – peninggalan masa lalu yang berbentuk bangunan atau sebuah history. Salah satu wilayah yang cukup familiar yaitu kota tua Jakarta yang dulunya bernama Batavia lama. Kota ini menaruh banyak sekali skor sejarah yang tinggi, beraneka peninggalan masa lampau masih terdapat di wilayah kota tua Jakarta yang dapat anda temui.
Daerah kunjungan kota tua Jakarta
Banyak daerah bersejarah yang patut anda kunjungi seandainya anda berada di sekitar kota tua Jakarta. Tak cuma tamasya yang bernilai historis, tapi juga anda dapat mencicipi tamasya masakan. Pertama yaitu Museum Fatahillah yang juga disebut sebagai museum sejarah Jakarta atau museum Batavia yang mempunyai keterkaitan dengan kota tempo dahulu di Jakarta ini. Pada masa penjajahan VOC, bangunan museum ini mempunyai sebagian fungsi merupakan sebagai ruang pengadilan, balai kota, malahan sebagai penjara bawah tanah. Diluar bangunan museum terdapat lapangan yang sering kali disebut lapangan fatahillah. Hakekatnya, lapangan ini pada zamannya diterapkan untuk mengeksekusi tahanan. Hal menarik lainnya yaitu bahwa museum ini terdiri dari 3 lantai, dan sekitar 25.000 benda bersejarah terpampang disini.
Museum seni rupa dan keramik di kota tua Jakarta ini memang benar-benar menarik. Sebab terdapat 350 lukisan yang bisa anda nikmati dan 1350 tipe keramik yang mempunyai ciri khas dari bangsa Indonesia, Asia, Malahan sampai tempat Eropa. Letaknya gampang untuk ditemui, sebab berlokasi di jantung kota tua Jakarta. Ketika anda menemukan bangunan dengan arsitektur eropa dilengkapi dengan pilar – pilar tinggi, karenanya itulah museum seni rupa hal yang demikian.
Untuk menyangga dari segi perekonomian masyarakat, tak lupa juga ada sebuah pelabuhan di kota tua Jakarta merupakan Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini dulunya mengaitkan Indonesia dengan luar negeri, serta sebagai sarana persinggahan kapal – kapal mancanegara. Karenanya dari itu pelabuhan sunda kelapa mempunyai peranan penting bagi perkembangan Jakarta, malahan pelabuhan ini telah ada sebelum terbentuknya kota tua Jakarta.
Kecuali daerah yang penuh history di kawasan kota tua Jakarta, terdapat pula daerah masakan tempo dahulu yang sering kali orang ucap dengan Café Batavia. Cafe ini berlokasi di seberang museum fatahillah. Café Batavia menyediakan makanan ala asia dan barat, kecuali itu juga menyediakan bird an wine, tapi juga menyediakan minuman tradisional seperti bajigur, pletok, dan lainnya. Dijamin interior dan tempatnya membikin anda menikmati suasana tempo dahulu dengan pesona kota tua Jakarta. Kecuali daerah – daerah yang diceritakan di atas, masih ada sebagian daerah seperti museum bank Indonesia dan took merah yang tentunya juga berlokasi di wilayah kota tua Jakarta.

 

Sumber: hariliburnasional.com