Rute dari Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang)

0
30
views
sumber: google.co.id

Bangka Belitung menjadi kota pariwisata baru di Indonesia. Sejak dihasilkan latar film Laskar Pelangi, pulau Belitung yang berlokasi di Provinsi Bangka Belitung menjadi destinasi liburan baru yang digemari pelancong dari dalam Indonesia ataupun mancanegara. Termasuk para pelancong alamat ibu kota, Jakarta. Ada sebagian metode untuk mengunjungi Bangka Belitung, terpenting ke kota Pangkal Pinang sebagai ibu kota dari Provinsi Bangka Belitung.
Rute dari Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang) bisa dicapai lewat pelbagai jenis moda transportasi. Bermacam transportasi ini mempunyai keunggulannya sendiri. Seperti pesawat yang memakan waktu lebih pesat tetapi harganya lebih mahal, dan moda transportasi darat dan laut yang memakan waktu lebih lama tetapi harga tiketnya sendiri lebih murah diperbandingkan pesawat.
Rute dari Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang) Lewat Jalanan Darat dan Laut
Rute dari Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang) yang dicapai lewat trek darat ini, juga lewat trek laut. Lazimnya trek darat bisa dilewati dengan menyebrang ke Pulau Bangka lewat Palembang, dan lewat 2 pelabuhan adalah Pelabuhan Bom Baru yang melayani penyebrangan kapal pesat dan Pelabuhan Tanjung Api-Api yang melayani penyebrangan menerapkan ferry.
Dalam perjalanan darat dan laut rute Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang) ini dicapai dalam waktu lebih dari sehari perjalanan. Rute ini ditawarkan sebagian perusahaan otobus dengan jadwal yang bervariasi. Dari mulai keberangkatan pada dini hari, sampai malam hari. Keberangkatan bis ini bisa dikerjakan lebih dari sekali dalam sehari.
Bis yang menawarkan rute Jakarta ke Bangka Belitung (Pangkal Pinang) ini menawarkan harga karcis yang bervariasi. Memang harganya lebih mahal dari pesawat, sebab lewat trek darat ini, otomatis trek laut juga akan dicapai oleh bis ini. Malahan terhitung paling sedikit 2x penyebrangan dengan menerapkan kapal. Merupakan ketika Merak ke Bakauheni dan ketika penyebrangan dari Palembang ke Pulau Bangka yang masing-masing dapat menghabiskan waktu lebih dari 2 sampai 3 jam. Jadi, perjalanan darat dan laut dari Jakarta ke Pangkal Pinang ini memang sungguh-sungguh melelahkan.
Perjalanan yang memerlukan waktu lama memang patut diimbangi dengan fasilitas yang tersedia. Terutamanya seandainya kita menerapkan moda transportasi awam. Fasilitas yang bagus pastinya akan memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Apalagi kita telah mengeluarkan banyak uang sebagai harga tiketnya. Untuk itu, perusahaan otobus yang menawarkan perjalanan rute dari Jakarta ke Bangka Belitung ini akan semaksimal mungkin memberikan fasilitas bagi penumpangnya. Dari mulai pendingin udara atau AC, kamar mandi yang pastinya tersedia di dalam bis untuk perjalanan jauh, tempat duduk yang nyaman pun kadang kala dilengkapi dengan TV atau kelengkapan karaoke. Itu segala dikerjakan demi kenyamanan penumpang.

 

Sumber: hariliburnasional.com