Wisata Fauna Di Kalimantan Utara Kaya Kekayaan Hayati

0
55
views
sumber: google.co.id

Tamasya fauna di Kalimantan Utara menjadi hiburan tersendiri bagi warga local maupun pelancong yang bertamasya. Sebab berbeda dengan manusia yang sekali-sekali menjalankan rutinitas membosankan, ada saja kegiatan dan tingkah laku lucu dan menggemaskan yang dilakoni oleh para satwa.
Deretan Daerah Tamasya Fauna Di Kalimantan Utara
Pergi wisata seorang diri bukan lagi menjadi momok seram, sekiranya Anda keder mau mengunjungi tempat wisata apa selama wisata di Kalimantan Utara maka berkunjunglah ke kebun hewan. Simak selengkapnya daftar kebun hewan terbaik berikut:

  1. Hutan Mangrove Tarakan
    Bekantan semenjak lama dikenal sebagai icon pariwisata Taman Cita-cita Jaya Ancol. Menariknya, bekantan juga diakui sebagai Kota Tarakan sebagai icon satwa pariwisata mereka. Salah satu kawasan konservasi bekantan yang bisa Anda dapatkan di Tarakan adalah hutan mangrove ini. Menurut pihak pengelola, jumlah bekantan yang ada sekitar 37 ekor. Dan kecuali diizinkan mencari makanan sendiri, bekantan di konservasi ini juga dikasih makan pisang kapok.
  2. Penangkaran Buaya Juwata
    Melihat satwa langka seperti bekantan selalu terasa menarik, seketika bagaimana sekiranya Anda mengunjungi penangkaran buaya? Apa masih bisa merasakan hal yang sama? Penangkaran buaya dikelola dengan baik untuk memfasilitasi dan mengembangbiakkan buaya sehingga tidak mengalami kepunahan. Ragam buaya yang dipelihara di sini adalah buaya siam, buaya sinyulong dan buaya muara.
  3. Museum Flora dan Fauna Tarakan
    Apabila Anda lebih tertarik menyaksikan fauna endemic Tarakan dan fauna menarik lainnya dalam wujud yang berbeda adalah lukisan atau hewan diawetkan maka berkunjunglah ke museum ini. Museum ini memajang sekitar 74 jenis fauna yang diawetkan pun sebagian sengaja dipamerkan dalam wujud lukisan. Selain memperhatikan koleksi menarik hal yang demikian, pengunjung juga bisa menonton film mengenai fauna dan flora.
  4. Taman Nasional Kayan Mentarang
    Menjelajahi alam sambil menyaksikan fauna lebih dekat, keduanya jadi kegiatan mengasyikkan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Ada banyak hewan unik yang mungkin baru pertama kali Anda lihat.
    Ucap saja Gajah Kalimantan, hewan ini adalah satwa absah yang cuma bisa ditemukan di Borneo. Ironisnya, jumlah Gajah Kalimantan amat sedikit sekitar 25 ekor. Selain menyaksikan gajah, Anda juga bisa memperhatikan fauna lain seperti beruang madu, lutung dahi putih atau macan dahan.
  5. Hutan Lindung Sungai Sesayap
    Dan anjuran kompleks wisata alam terakhir yang menjadi habitat para fauna adalah Sungai Sesayap. Di sini, Anda tidak cuma menemukan udang tapi turut memperhatikan sebagian hewan langka dan unik seperti ikat pesut dan masih banyak lagi.
    Sebagai makhluk hidup kita mempunyai panca indera untuk memperhatikan dan merasakan estetika alam yang diwujudkan oleh tuhan. Sebelum melangkah lebih jauh ke alam liar, kenapa tidak menelusuri dan meninggalkan jejak petualangan Anda di bermacam-macam tempat wisata fauna di Kalimantan Utara.

Sumber: hariliburnasional.com