Wisata Religi Pulau Mansinam yang Belum Banyak Dikenal Orang

0
36
views
sumber: google.co.id

Wisata religi Pulau Mansinam mungkin tak demikian itu populer atau familier di telinga beberapa orang. Tetapi di Papua Barat, tempat ini sangat menarik dan populer. Mansinam adalah salah satu Pulau Pariwisata yang menawarkan wisata religi terbaik khusus untuk pemeluk agama Kristen Protestan. Untuk mengunjungi pulau ini, turis mesti pergi ke Papua Barat atau lebih tepatnya lagi berkendara selama 6 km dari tempat Manokwari.
Tentang tempat wisata religi Pulau Mansinam
Bertamasya ke Pulau Mansinam menjadi salah satu peluang yang paling ditunggu-tunggu oleh para umat Kristen protestan. Pulau ini dapat dijangkau dengan sangat mudah terutamanya oleh alat transportasi kapal mesin, cuma perlu berkendara selama 15 menit saja kita sudah dapat menapakkan kaki di pulau.
Tiap tahun tepatnya lagi pada 5 Februari, warga logal dan masyarakat Papua berbondong-bondong pergi ke Pulau Mansiman untuk merayakan kedatangan Geissler dan Ottow. Kedanya dikenal sebagai tokoh yang berpengaruh sebab mereka berdualah yang menyebarkan ajaran injil ke Pulau Mansinam.
Menurut catatan sejarah, dua misionaris asal Jerman hal yang demikian mesti via perjalanan panjang dengan menaiki Kapal Abel Tasman untuk sampai ke Pulau Mansinam. Mereka mesti terombang-ambing di kapal hal yang demikian dan menelusuri rute yang panjang termasuk melintasi Ternate, Batavia, Makasar, Tanjung Harapan.
Daya tarik wisata Pulau Mansinam
Kecuali meniru perayaan tiap-tiap tanggal 5 Februari, Pulau Mansinam juga menyimpan kekuatan tarik lainnya sebagai berikut:

  1. Patung Raksasa Yesus Kristus
    Sebagai pulau dengan mayoritas pemeluk agama Kristen Protestan, tak heran sekiranya tempat wisata religi di Papua Barat ini memiliki patung Yesus Kristus. Patung yang dijadikan tak tanggung-tanggung, warga sengaja membuat patung raksasa yang ketinggiannya sekitar 30 meter. Patung ini disahkan tahun 2014 lalu oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.
    SBY berharap, sekiranya absensi wisata religi di pulau hal yang demikian dapat menjadi tombak bagi tujuan wisata religi bagi warga Papua dan semua Indonesia terutamanya yang berharap belajar ajaran Kristen Protestan.
  2. Gereja Pengharapan
    Pemerintah menghasilkan pulau hal yang demikian sebagai wilayah wisata spiritual. Dan kecuali memiliki patung raksasa dari Yesus Kristus, pulau hal yang demikian juga memiliki gereja tua yang progres pembangunannya sendiri dilaksanakan sejak 1864. Gereja hal yang demikian sudah dipugar, padahal demikian itu pihak pengelola konsisten kokoh mempertahankan bangunan arsitektur aslinya.
  3. Pemandangan Indah
    Tempat wisata rohani Kristen di Pulau Mansinam tak cuma menawarkan sejarah yang kental dan kebudayaan Papua. Pengunjung malahan dapat menikmati panorama alam khas pulau yang menawan dan hijau.
    Ada banyak tempat-tempat menarik di Papua yang sayangnya masih terisolir dan kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Pulau Mansinam ini, padahal ada banyak kekayaan sejarah dan kebudayaan yang mesti dieksplorasi dan dikenal.
    Semoga dengan mengetahui sedikit berita seputar tempat wisata religi Pulau Mansinam kita dapat lebih menghargai malahan ikut melestarikannya. Jangan ragu untuk berkunjung sekiranya ada di Papua.

Sumber: hariliburnasional.com