Tugas dan Pekerjaan Perwira Mesin

0
167
views
sumber: google.co.id

Kecuali pekerjaan perwira deck, di kapal juga ada pekerjaan perwira mesin yang sangat penting. Di dalam kapal sendiri selain terdapat deck department juga terdapat engineer department dimana berisi para perwira yang berprofesi khusus di komponen mesin. Perwira mesin ini sendiri terdapat sebagian orang dengan jabatan dan tugas yang berbeda yaitu kepala kamar mesin atau chief engineer, masinis 2, masinis 3 dan masinis 4.

Berikut yaitu sebagian tugas untuk perwira mesin

Tugas pekerjaan perwira mesin

1.            Kepala kamar mesin atau KKM

Kepala kamar mesin yaitu pemimpin dalam komponen engineer department. Tugasnya yaitu menentukan seluruh bawahannya melakukan seluruh pekerjaannya dengan bagus. bertanggung jawab terhadap perawatan yang ada di atas kapal lebih-lebih di komponen kamar mesin.

Kecuali itu kepala kamar mesin juga bertugas untuk menentukan suku cadang dan bahan bakar kapal tetap terpenuhi. Dalam situasi darurat, kepala kamar mesin juga harus siap untuk mengontrol kendali pada komponen mesin. Berbeda dengan jam jaga masinis 1 hingga 4, kepala kamar mesin umumnya selalu standby 24 jam untuk mengawasi pekerjaan si kecil buahnya.

2.            Masinis 2

Masinis 2 atau yang juga sering disebut dengan second engineer yaitu asisten pertama dari kepala kamar mesin. Oleh maka tugasnya juga bertanggung jawab terhadap kepala kamar mesin. Bertanggung jawab untuk melakukan perawatan dan operasi pada mesin induk.

Kecuali itu masinis 2 juga memiliki jabatan sebagai kepala kerja harian pada kamar mesin. Sekiranya kepala kamar mesin berhalangan hadir, maka yang menggantikannya yaitu masinis 2. Masinis 2 ini memiliki jam jaga pada pukul 4 pagi hingga 8 pagi dan jam 4 petang hingga 8 malam.

3.            Masinis 3

Tugas perwira mesin sebagai masinis 3 yaitu bertanggung jawab untuk melakukan perawatan dan operasi pada mesin bantu. Dikarenakan masinis 3 yaitu bawahan dari kepala kamar mesin, maka tugasnya juga bertanggung jawab pada kepala kamar mesin. Masinis 3 atau third engineer ini memiliki jadwal dinas jaga pada jam 12 siang hingga 4 petang dan jam 12 malam hingga 4 pagi.

4.            Masinis 4 atau fourth engineer.

Masinis 4 ini memiliki tugas untuk bertanggung jawab pada operasi pompa-pompa yang ada pada kapal, metode pendingin kapal dan juga melakukan perawatannya. Kecuali itu juga bertanggung jawab terhadap kepala kamar mesin. Jadwal dinas jaga masinis 4 ini pada jam 8 pagi hingga 12 siang dan jam 8 malam hingga 12 malam.

Demikian artikel mengenai pekerjaan perwira mesin yang mungkin sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari lowker pelaut dan berharap berprofesi di bidang engineer department. Penting untuk mengetahui isu tersebut sebelum Anda melamar pekerjaan.

Sumber: jobpelaut.com