5 Cara Membangun Portacabin/ Portakabin/ Portakem

0
198
views
sumber: google.co.id

Saat berjalan-jalan ke luar negeri, jangan terkejut jikalau Anda menemukan portacabin/ portakabin/ portakem. Di Amerika dan Eropa, masyarakat terbiasa memanfaatkan kontainer untuk membangun café berjalan malahan hunian tempat tinggal. Kontainer bekas sengaja dipilih karena lebih murah, praktis dan portable.

Sistem membangun portacabin/ portakabin/ portakem

Sama seperti membuat rumah umum, rumah portacabin juga mesti dibangun meniru standar pembangunan dan SOP yang pas. Ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut:

1.            Planning pembangunan

Sesudah yakin dengan keputusan membuat portakabin, langkah awal buatlah planning pembangunan yang terang dan detil. Apa saja yang mesti direncanakan? Pertama ialah desain portacabin. Pilih desain yang cocok dengan selera Anda dan tujuan pembangunan.

Sesudah itu, rencanakanlah anggaran pembangunan. Termasuk tarif jasa desain, konstruksi, anggaran belanja kontainer bekas, furniture dan tarif ekstra lainnya. Sesudah mengatasi keduanya, lanjutkan dengan survei lokasi.

Rumah portacabin berbeda dengan café atau restoran yang dapat bermigrasi tempat. Anda mesti mempunyai lahan kosong sendiri untuk menempatkan bangunannya.

2.            Beli kontainer bekas bermutu tinggi

Saat berencana membangun rumah kontainer portable, hal utama yang mesti Anda perhatikan ialah situasi fisik kontainernya. Apakah kualitas kontainer bekas benar-benar baik atau tidak?

Jangan sampai Anda membeli kontainer bekas yang sudah benar-benar usang sehingga membutuhkan waktu dan modal lebih banyak untuk modifikasi. Cari tempat jual kontainer bekas yang terbiasa melayani pembelian kontainer modifikasi. Beli paket kontainer plus jasa desainnya untuk harga lebih relatif murah.

3.            Pilih arsitek pro

Anda yang tidak berminat mengaplikasikan jasa desain modifikasi kontainer, silakan pilih arsitek profesional untuk mengatasi sketsa desain portacabin. Seorang arsitek handal mempunyai keterampilan yang betul-betul baik untuk menghasilkan rumah portakem yang indah.

Kecuali membuktikan rumah yang Anda impikan. Arsitek juga membatasi dan mengelola struktur rumah portacabin supaya fungsional dan nyaman ditempati bentang panjang. Sewa jasa arsitek yang sudah terbiasa melayani pembuatan desain rumah atau gedung portakabin untuk hasil terbaik.

4.            Mulai siapkan fondasi

Tahapan awal membuat kontainer modifikasi ialah fondasi. Tersedia tiga fondasi utama mulai dari beton piers atau lebih diketahui sebagai fondasi dangkal. Berikutnya ialah fondasi slab on gab yang diperuntukkan untuk tahan berstruktur lunak.

Dan terakhir ialah fondasi pile. Dari ketiga ragam fondasi hal yang demikian, fondasi pile yang paling cocok dengan konsep atau struktur rumah portakabin.

5.            Sediakan Crane

Mempersiapkan alat berat dalam pembangunan rumah portabel ialah hal umum. Jika Anda berencana membangun rumah lantai dua atau tiga, siapkan crane untuk proses pemasangan cepat dan pas.

Itulah tahapan demi tahapan pembuatan rumah portabel berbasis kontainer. Kontainer mulanya dimanfaatkan sebagai peti pengangkut pelbagai benda dari laut ataupun udara.

Melainkan seiring berjalannya waktu, kontainer bekas banyak dialih fungsikan menjadi portacabin modern. Jika masih belum percaya, silakan Anda browsing desain portacabin/ portakabin/ portakem yang tersedia di dunia maya.

Sumber: sanwaprefab.co.id