Menengok Kondisi Investasi Property di Tahun 2018

0
205
views
Menengok Kondisi Investasi Properti di Tahun Anjing Tanah 2018

Lewat data kuesioner keadaan pasar properti yang ada di tanah air, merupakan Property Affordability Sentiment Index H1-2018, terbukti kepuasan keadaan pasar properti mengalami peningkatan dibandingi tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2017, kepuasan masyarakat kepada keadaan pasar sebesar 63 persen, sementara itu di semester tahun ini didapat peningkatan menjadi 67 persen. Hal hal yang demikian diperkirakan karena adanya kenaikan harga di sektor properti yang berhasil memicu kenaikan kepuasan masyarakat kepada keadaan bisnis. Ada sebesar 68 persen sendiri responden yang mengatakan merasa puas kepada kenaikan harga rumah yang stabil.

Faktor utama kenaikan harga rumah yang stabil menjadi pemicu kepuasaan keadaan pasar properti, berdasarkan Marine Novita, Country Manager Rumah.com, hal hal yang demikian terjadi karena banyak orang yang memperhatikan rumah sebagai sarana investasi.

Sedangkan untuk menerima rumah juga diperlukan sumber tenaga dan upaya yang tidak sedikit, melainkan usaha yang dijalankan hal yang demikian dianggap tidak akan sia-sia karena rumah dapat dibuat aset yang berharga. Seumpama seperti perumahan murah di Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan tempat-tempat lainnya. Semuanya itu dapat dibuat investasi yang semacam itu bagus.

Mengenai tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi tentang keadaan properti terbukti searah dengan Feng Shui di tahun anjing tanah 2018. Memang banyak yang memperkirakan bahwa tahun ini merupakan tahun yang optimis.

“Jadi merupakan saat yang ideal bagi masyarakat untuk memantapkan tujuan dan menjadikan hasrat, terutamanya hasrat untuk mempunyai rumah,” kata Marine.

Salah satu penggemar Feng Shui yang bernama Chichi Bernardus juga menambahkan bahwa tahun anjing tanah merupakan tahun yang positif. Maka orang-orang dapat mempunyai keberuntungan yang lebih bagus via langkah yang ideal seandainya dibandingi dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tiga tahun terakhir ini kita lagi cleansing. Memasuki 2018 ini sudah mulai terasa, mulai membaik. Jadi 2018 ini penglihatannya memang sudah lebih bagus, sudah lebih positif,” kata Bernardus.

Adanya optimisme hal yang demikian juga searah dengan hasil yang dikeluarkan oleh survei Property Index. Dari data yang ada terlihat bahwa ada kenaikan indeks harga properti, sedangkan tahun-tahun sebelumnya terjadi kelesuan pasar. Memperhatikan hal ini, indeks harga properti dapat mengalami pemulihan dalam waktu kurang lebih setahun asalkan pemerintah Indonesia tetap dapat menjaga keadaan ekonomi yang stabil.

Property Index sendiri merupakan merupakan hasil analitik dari 400 ribu listing properti yang disewa serta dijual di tanah air. Banyak yang mengakses situs ini untuk mencari properti, malah jumlahnya lebih dari 5,5 juta per bulan.

Memperhatikan yang Anda kenal bahwa saat ini sudah banyak pengembang properti yang makin gencar membangun pelbagai jenis hunian, seperti apartemen dan perumahan di BSD City, dan tempat-tempat lainnya. Memperhatikan hal itu, karenanya masyarakat punya banyak alternatif dalam berinvetasi properti yang bagus.