Cara Menghilangkan Lendir Ikan Lele Dengan Pemanas air tenaga matahari

0
163
views
sumber: google.co.id

Bagi Anda yang gemar mengolah lele sendiri dan menjadikannya masakkan unggulan di rumah, Anda semestinya tahu bahwa membersihkan lendir lele akan sungguh-sungguh tepat sasaran apabila menerapkan air hangat yang berasal dari pemanas air daya sang surya. Kandungan nutrisi yang ada pada ikan lele seperti rendah kalori, kaya protein, vitamin dan mineral menciptakan lele makanan unggulan.
Masakkan lele yang dipasarkan di cafe maupun pedagang kaki lima rasanya memang tidak dapat diragukan kelezatannya. Tetapi betapa lebih bagus apabila dapat mengolah lele sendiri di rumah. Bahan masakkan yang dipakai lebih aman dan sehat sehingga tak mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada lele. Kecuali itu bisa menghemat tarif apabila mengolah lele sendiri di rumah.
Kulit ikan lele yang berlendir kadang kala membikin pengerjaan pengolahan ikan lele agak sedikit kompleks. Tidak perlu linglung maupun cemas dalam mengolah lele sendiri di rumah. Berikut ini sistem yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lendir ikan lele.
Metode menghilangkan lendir ikan lele dengan pemanas air daya sang surya

  1. Siapkan Alat dan Bahan
    Alat yang perlu disiapkan yakni baskom atau wadah untuk meletakkan ikan lele dan juga sebuah wadah untuk air panas atau air hangat yang di bisa dari solar water heater. Jangan lupa menyiapkan pisau dan plastik untuk buang kotoran lele.
    Meski untuk bahannya Anda membutuhkan air panas atau air hangat. Anda juga bisa menambahkan garam dan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau anyir ikan lele.
  2. Bersihkan Lele
    Kalau Anda membeli lele yang masih hidup, karenanya pukullah komponen kepala ikan lele dengan benda yang berat seperti ulekan. Sesudah lele telah tak bergerak lagi, potonglah komponen kumis lele dengan pisau. Berikutnya Anda bisa membersihkan lele dengan sistem buang komponen insang dan isi perut ikan lele.
  3. Rendam Ikan Lele
    Ini lah pengerjaan yang bisa menghilangkan lendir ikan lele yang cukup mengganggu. Pertama siapkan air panas atau air hangat dari pemanas air daya solar yang Anda miliki. Kalau airnya terlalu panas, Anda bisa menambahkan air umum sampai suhunya kaprah-kaprah suam-suam kuku.
    Anda juga bisa menambahkan garam dan perasan jeruk nipis atau lemon supaya bau anyir ikan lele sirna. Perasan jeruk nipis atau lemon bisa menjaga ikan lele konsisten segar selama pengerjaan perendaman. Lakukan pengerjaan perendaman ini selama 10-15 menit.
  4. Bilas Ikan Lele
    Selama pengerjaan perendaman, lendir yang ada pada tubuh ikan lele akan terangkat. Lalu langlah terakhir yakni membilas ikan lele dengan air umum. Usahakan membilas ikan lele dengan benar-benar bersih. Sesudah itu Anda bisa membikin sayatan pada tubuh ikan lele sebelum dibumbui supaya bumbunya bisa mengabsorpsi dengan total.
    Itulah sebagian langkah yang bisa dikerjakan untuk menghilangkan lendir lele dengan menerapkan air hangat dari pemanas air daya sang surya sebelum diolah menjadi kuliner yang lezat.

Sumber: intisolarbandung.com