Cara Pasang Pemanas Air Tenaga Solar di Luar Rumah

0
47
views
sumber: google.co.id

Dianggap lebih aman dan praktis, pemakaian pemanas air tenaga solar memiliki sistem dan sistem kerja khusus untuk menjamin keamanannya. Malahan keamanan kinerja pemanas ini juga betul-betul ditentukan dari ketelitian ketika pelaksanaan pemasangannya. Bila Anda belum tahu bagaimana langkah-langkah memasang pemanas air yang aman, berikut yakni caranya.
Tips aman memasang pemanas air tenaga solar

  1. Pasang di Luar
    Supaya lebih aman sebaiknya pemanas patut dipasang di luar kamar mandi agar gas CO hasil pembakaran bisa langsung keluar. Melainkan jika pemanas patut dipasang di kamar mandi, pastikan untuk meletakkannya di dekat ventilasi kamar mandi.
  2. Cocok Tenaga Listrik
    Sebelum memasang mesin-mesin water heater, sebaiknya amati tenaga listrik yang Anda gunakan di rumah. Jangan hingga Anda mengaplikasikan pemanas air yang kapasitasnya melebihi tenaga listrik di rumah. Karena pemanas air hal yang demikian tak akan bisa diterapkan secara normal.
  3. Pelaksanaan Pemasangan Pipa
    Sesudah meletakkan solar water heater di posisi yang ideal, maka langkah selanjutnya yakni memasang dan menyambungkan pipa-pipa pemanas. Pelaksanaan pemasangan pipa ini patut dikerjakan dengan baik, rapi, dan kuat agar akibatnya nanti kedap udara.
    Bila di rumah Anda belum dilengkapi pipa air panas, maka ketika pelaksanaan pemasangan nanti Anda patut membikin instalasi saluran air panas terutama dulu. Untuk pipa saluran air panas, pastikan mengaplikasikan ragam pipa khusus yang bisa membendung air panas itu sendiri. Karena jika pipa tak sanggup membendung air panas, maka risiko kebocoran pada pipa akan betul-betul tinggi.
    Sebelum melaksanakan pemasangan pipa, sebaiknya lakukan uji coba terutama dulu untuk meyakinkan tak ada kebocoran. Dengan semacam itu pemanas aman diterapkan di rumah untuk keluarga.
  4. Semestinya Membikin Ventilasi
    Bila Anda tak berkeinginan meletakkan pemanas air di luar rumah, buatlah ventilasi di kamar mandi untuk meletakkan mesin pemanas air. Karena jika pemanas air diletakkan di ruangan yang terlalu tertutup, risiko tabung meledak akan betul-betul tinggi. Khusus lagi jika Anda mengaplikasikan ragam pemanas air gas yang dimana tabung gas menyuplai tenaga untuk pemanas.
  5. Amati Saluran Air
    Bila pipa pemanas air tenaga matahari telah terpasang dengan baik, amati juga komponen saluran airnya. Anda bisa melaksanakan uji coba dengan sistem membuka kran air pemanas. Air dingin yang dialirkan oleh pemanas patut memiliki tekanan minimal 0,2 bar. Bila kurang dari itu maka flow sensor tak berfungsi sebagaimana mestinya.
    tadi tips aman memasang pemanas air tenaga solar di rumah untuk pemula. Apa malah ragam pemanas yang Anda gunakan tetaplah berhati-hati agar tak terjadi kesalahan. Dan agar lebih aman sebaiknya mengaplikasikan jasa instalasi yang telah disediakan oleh pihak penjual pemanas. Dengan semacam itu pelaksanaan pemasangan pemanas air akan jauh lebih pesat, mudah, dan aman.