Fakta Unik Pemanas Air Solar Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

0
53
views
sumber: google.co.id

Pemanas air solar yakni teknologi terbaharukan yang sengaja diwujudkan untuk mengalirkan air panas terhadap pengguna. Menariknya, alat ini dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma tiap-tiap hari asalkan cuaca menunjang. Oleh sebab itu, jangan heran telah banyak sekali yang beralih pada unit pemanas ini.
Fakta Unik Pemanas Air Solar Yang Wajib Dikenal Sebelum Membeli
Pemanas air daya surya mempunyai sebagian fakta unik yang sepatutnya dikenal sebelum membeli. Oleh sebab itu, berikut telah dirangkum sebagian fakta hal yang demikian.

  1. Berprofesi dengan Prinsip Thermosiphon
    Solar water heater beroperasi mengaplikasikan cara thermosiphon dimana air panas akan bergerak ke atas masuk ke tangki penampungan air. Seiring bermigrasinya air panas ini, air dingin bahkan bergerak sampai masuk ke panel kolektor. Perpindahan air seperti ini terus terjadi secara berulang hingga air panas yang berada di tangki tercukupi kapasitasnya.
  2. Menerapkan Sinar Sang Lantas
    Namanya saja pemanas air surya jadi terang bahwa tenaga panas untuk memanaskan air didapatkan dari sang surya. Mengingat negara Indonesia sebagai negara tropis yang banyak terkena cahaya sang surya, karenanya pantas sekali diaplikasikan oleh masyarakat di tempat manapun di negara ini. Walaupun seperti itu, kalau cuaca sedang tak menunjang seperti mendung dan hujan, karenanya diperlukan arus listrik untuk memanaskan air.
  3. Aman dan Gampang Diaplikasikan
    Tentu saja unit pemanas air mengaplikasikan daya sang surya betul-betul aman. Tak cuma untuk remaja dan orang dewasa, namun air hangat yang dijadikan juga baik untuk memandikan bayi. Pengoperasian alat ini betul-betul gampang, karena air panas bergerak dengan sendirinya ke tangki. Berikutnya akan dialirkan lewat pipa ke kran untuk dimanfaatkan pengguna.
  4. Cuma-cuma
    Cuma-cuma maksudnya di sini yaitu tenaga panas sang surya bisa diaplikasikan secara percuma. Meskipun unit pemanas itu sendiri sepatutnya dibeli dahulu pada penjualnya. Sebab itu, betul-betul menguntungkan dimana pengguna tidak perlu menambah pengeluaran tagihan listrik selain cuaca sedang hujan. Bayangkan saja kalau tiap-tiap hari mengaplikasikan listrik atau gas tentu lebih banyak uang yang dihabiskan.
  5. Ramah Lingkungan
    Unit pemanas air sang surya sama sekali tak merugikan lingkungan juga tak mengeluarkan emisi udara. Mempunyai ini dikarenakan tenaga yang diaplikasikan yaitu panas sang surya lantas sehingga tak terjadi pembuangan limbah. Makanya, pengguna yang memanaskan air mengaplikasikan unit pemanas ini telah ikut serta berkontribusi dalam menjaga kesehatan lingkungan.
  6. Jenis Dua Variasi
    Variasi pertama, pemanas air tenaga sang surya berprofesi dengan metode direct. Air dingin lantas masuk ke tangki yang berikutnya dipanaskan. Kemudian baru diedarkan maupun dialirkan lewat pipa tembaga hingga kran. Tentu saja, prinsip thermoshipon berprofesi di sini yang menolong memindahkan air panas ke tangki.
    Variasi kedua yaitu metode indirect dimana sinar sang surya lantas diresapi oleh komponen luar maupun lapisan luar tangki. Berikutnya, tenaga panas ini dialirkan ke lapisan tangki komponen dalam. Air yang telah lebih dahulu berada di dalam tangki bahkan ikut serta meningkatkan suhunya, dengan bantuan prinsip thermosiphon air panas ini dialirkan sampai hingga ke pengguna.
    Nah, inilah 6 fakta unik yang cuma dimiliki unit pemanas air solar. Fakta ini bahkan menjadi kelebihan sendiri yang membedakannya dengan pemanas air mengaplikasikan tenaga lain seperti gas dan listrik. Oleh sebab itu, lantas beralih ke pemanas air bertenaga sang surya.

Sumber: intisolarbandung.com