Poin Penting Pasang Pemanas Air Tenaga Matahari di Rumah Sakit dan Hotel

0
25
views
sumber: google.co.id

Pemanas air tenaga matahari kian hari kian banyak peminatnya. Karena pengaplikasiannya tak dikhususkan untuk rumah tangga saja, tapi bisa juga dimanfaatkan di rumah sakit ataupun hotel. Oleh sebab itu, kualitas dan pemasangan yang benar sangat diperlukan.
Poin Penting Pasang Pemanas Air Energi Matahari di Rumah Sakit dan Hotel
Memasang pemanas air dimana bangunan apa saja tak boleh sembarangan. Karena layak dengan namanya unit pemanas ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Seandainya tak karenanya air yang diperoleh tak berada pada temperatur yang diharapkan.

  1. Menghitung Keperluan Air Panas
    Semakin banyak penghuni suatu gedung karenanya kian banyak air panas yang diperlukan. Maka, di rumah sakit harus diketahui dahulu berapa jumlah kamar dan ruangan yang nantinya akan dialirkan air hangat. Jumlah orang yang membutuhkannya dihitung rata-rata. Mengingat di hotel dan rumah sakit sangat banyak kamar mandi, tak salah bila memilih kapasitas tangki paling besar.
  2. Dekat dengan Sumber Air Bersih
    Pemasangan unit pemanas air tenaga solar untuk hotel dan rumah sakit sangat bagus mendekati posisi sumber air bersih. Mungkin hal ini tak bisa senantiasa terpenuhi sebab model ataupun lokasi bangunan yang berbeda-beda.
    Namun, bila diusahakan dan alhasil bisa memasang dekat sumber air bersih akan sangat bagus. Kecuali mempermudah pembatasan bila terjadi problem pada alat pemanas, hal ini juga menetapkan bahwa air hangat yang dialirkan benar-benar air bersih.
  3. Memakai Air yang Sudah Disaring
    Penyaringan digunakan pada lokasi yang sulit mendapat air bersih. Hingga sekarang ini tak segala lokasi hotel ataupun rumah sakit berada di area yang gampang mendapat air bersih. Maka demi menjaga kualitas air dan pelayanan kepada tamu hotel dan pasien dilakukanlah penyaringan.
    Hasilnya jauh lebih bagus ketimbang air yang tak disaring. Nah, memakai air yang telah disaring untuk dinaikkan pada pemanas air sangat bagus. Salah satu alasannya sebab menjaga ketahanan unit pemanas dan mengurangi adanya endapan ataupun kotoran. Air hangat yang nantinya dialirkan ke pengguna juga lebih bagus kualitasnya.
  4. Kapasitas Pompa Booster
    Pengguna akan merasa tak nyaman saat sedang mandi dengan air hangat tapi tekanan yang keluar berubah-ubah atau tak stabil. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal ini diperlukan pompa booster untuk menyeimbangkan kedua temperatur air. Namun, tergantung mereknya juga ada unit pemanas air tenaga surya yang telah dilengkapi tangki bertekanan. Maka pompa booster yang digunakan cuma untuk air dingin saja.
  5. Sistem Pembagian Pipa yang Benar
    Rumah sakit ataupun hotel memiliki banyak kamar yang semuanya memiliki kamar mandi. Aliran air hangat melewati pipa tentu harus bisa mencapai segala kamar mandi tersebut. Oleh sebab diperlukan pembagian aliran air yang benar dengan metode pemasangan pipa yang layak. Biasanya teknisi yang telah pakar pasti mengerti akan hal ini.
    Nah, itulah 5 nilai yang harus dipandang sebelum memasang pemanas air tenaga matahari di rumah sakit dan hotel. Tak bisa dipilih lokasi sesuka hati, belum lagi membagi aliran pipa air yang benar. Ini tujuannya supaya tak terjadi kekeliruan dan segala pengguna bisa memanfaatkan air hangat dengan gampang.

Sumber: intisolar.com