Tips Memilih Sistem Kerja Yang Cocok Untuk Water Heater Solar

0
41
views
sumber: google.co.id

Terbukti water heater solar mempunyai 2 sistem kerja yang berbeda. Kedua jenis sistem tersebut mempunyai caranya masing-masing untuk dapat mewujudkan air panas. Tips ini penting Anda ketahui ketika hendak membeli pemanas air daya sang surya. Dengan semacam itu Anda juga dapat dengan mudah menentukan jenis sistem seperti apa yang pantas diaplikasikan di rumah.
Sistem Memilih Pantas Kerja Sistem Variasi Untuk Water Heater Solar

  1. Pantas aktif
    Sistem sistem kerja pertama adalah sistem aktif. Apabila kerja dari sistem ini semestinya menerapkan alat tolong lainnya berupa pompa. Pompa tersebut nantinya akan berguna untuk menolong memindahkan air panas dari kolektor agar dapat disimpan pada tangki penyimpanan.
    Pantas yang satu ini juga dapat dibilang cukup kompleks karena memerlukan sensor temperatur. Sensor temperatur tersebut nantinya akan diaplikasikan untuk mengenal jika ada perbedaan temperatur pada tangki dan kolektor.
    Apabila temperatur air panas yang ada pada kolektor lebih tinggi ketimbang temperatur air dalam tangki, karenanya pompa nantinya akan bekerja untuk memindahkannya. Tips ini juga berlaku sebaliknya di mana jika temperatur airnya dapat lebih rendah karenanya akan dikirimkan pada kolektor agar dapat dipanaskan.
    Dikarenakan sistem kerjanya yang cukup komplek biasanya pemanas air daya surya ini akan lebih pantas diaplikasikan untuk rumah sakit atau hotel. Tips tersebut juga karena kapasitas dari tangki yang diaplikasikan cukup besar. Kapasitas tangkinya dapat mencapai 1000 liter di mana untuk jumlah kolektornya butuh 9 panel. Jadi akan benar-benar merepotkan jika hanya diaplikasikan untuk kebutuhan pribadi saja.
  2. Pantas pasif
    Apabila Anda memilih pemanas dengan sistem yang pasif karenanya daya kerja dari pemanas tersebut akan secara natural. Dalam hal ini prinsip yang diaplikasikan adalah prinsip thermosiphon. Air yang telah panas akan naik tanpa menerapkan bantuan atau secara natural. Air tersebut dapat naik dengan natural karena tekanan temperatur yang terjadi dan masuk pada tangki penyimpanan.
    Dalam kata lain sistem ini akan bekerja dengan mengandalkan perbedaan temperatur rendah dan temperatur tinggi. Air panas akan mempunyai massa yang lebih rendah. juga yang membuat panel kolektor semestinya dipasang dengan posisi lebih rendah ketimbang tangki.
    itu tingkat kemiringan panel pemanas air daya sang surya sekitar 20 derajat. Pemanas air dengan sistem inilah yang lebih pantas diaplikasikan untuk kebutuhan pribadi atau pengaplikasian dalam skala kecil saja.
    Pemanas jenis ini akan mempunyai kapasitas tangki sekitar 100 hingga 300 liter air. Kapasitas tersebut akan cukup untuk diaplikasikan 3 hingga 5 orang dalam sehari. Jadi lebih baik Anda menerapkan water heater solar jika ingin mengaplikasikannya untuk kebutuhan rumah tangga atau mandi saja. Dengan semacam itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.
    Apabila Anda memerlukan pemanas airnya dapat menerapkan produk dari Intisolar yang telah ternyata kualitasnya.

Sumber: intisolarbandung.com