4 Faktor yang Memicu Depresi Pada Perempuan

0
35
views
sumber: google.co.id

Sulit kesehatan mental memang dapat terjadi pada siapa pun, tapi depresi pada perempuan umumnya lebih tinggi dibandingi dengan laki-laki. Depresi sendiri adalah salah satu masalah kesehatan sosial yang membikin penderitanya merasa tidak termotivasi dalam menjalankan kesibukan apa pun. Depresi pada perempuan sendiri dapat dipicu dari seluruh unsur dan memunculkan bermacam gejala. Berikut beberapa unsur yang memicu timbulnya depresi pada perempuan.
4 Faktor yang Memicu Depresi Pada Perempuan

  1. Faktor Psikologis
    Perempuan sendiri diyakini memiliki tingkat depresi yang tinggi dibandingi dengan laki-laki. Faktor tersebut disebabkan banyaknya fase kehidupan yang membikin keadaan psikisnya jadi terganggu. Fase tersebut diawali dari pendidikan, pernikahan, cara kerja menjadi orang tua dan lainnya. Selain itu sistem pemikirannya juga unik, dalam menjalin suatu kekerabatan perempuan akan mengandalkan perasaannya terutama dulu.
    Dengan begitu dikala membikin keputusan, perempuan akan memiliki banyak pertimbangan. Saat membikin pertimbangan, kebanyakan perempuan juga selalu memikirkan hal terburuk yang akan terjadi dikala membikin keputusan. Faktor tersebut tentunya dapat membikin tekanan stres juga semakin tinggi.
  2. Faktor Tapi
    Dari segi tradisi sendiri, perempuan selalu dinilai untuk seharusnya memiliki sikap yang lemah lembut, piawai dan penurut. Dengan seluruh pengevaluasian tersebut tentunya perempuan diharuskan untuk menjaga citranya.
    Faktor dengan memikirkan pengevaluasian tersebut akan membikin perempuan untuk sulit mengekspresikan dirinya. Dengan tidak adanya kebebasan dalam mengekspresikan perasaannya tentunya hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab depresi pada perempuan.
  3. Faktor Tuntutan
    Menjadi perempuan memang tidak mudah, banyak tuntutan yang seharusnya dijalani. Tapi menginjak usia remaja, perempuan akan dituntut untuk mengejar pendidikannya.
    Faktor dikala perempuan menginjak usia 25-an, mereka akan dituntut untuk menikah dan bertanggung jawab atas seluruh urusan dalam berumah tangga. Faktor perempuan juga dituntut untuk dapat berperan ganda.
    Faktor tersebut dikarenakan perempuan seharusnya dapat mencukupi kebutuhan keluarganya dan takut akan pengevaluasiannya yang cuma dapat menjadi ibu rumah tangga. Dengan seluruh tuntutan tersebut tentunya perempuan akan mudah untuk merasa lelah dan stres, apalagi kalau tidak ada dukungan dari keluarganya. Dengan begitu hal tersebut tentunya dapat memicu depresi pada perempuan.
  4. Faktor Hormonal
    Hormon yang ada pada tubuh juga dapat menjadi salah satu unsur depresi pada perempuan. Hormon progesteron dan estrogen yang ada pada tubuh dapat memengaruhi suasana hati pada perempuan.
    Perubahan hormon tersebut umumnya dapat dipicu dikala datangnya menstruasi, hamil, melahirkan, menopause atau keguguran. Perubahan itulah yang tak jarang kali menjadi salah satu penyebab dari adanya depresi pada perempuan.
    Depresi pada perempuan memang dapat dipicu dari bermacam hal seperti yang dibuktikan. Anda merasakan gejala depresi dan tidak kapabel mengontrol hal tersebut, cobalah untuk berkonsultasi dan menerima penanganan dari ahlinya. Dengan demikian imbasnya tidak akan terlalu berkepanjangan.

Sumber: temancurhat.com