Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

APA SAJA FUNGSI DRAIN PUMP AC

PENGERTIAN DRAIN PUMP AC
Pada metode pendinginan udara (AC), drain pump merupakan bagian yang mempunyai peran krusial dalam menjaga daya kerja maksimal AC Anda. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai drain pump AC dan fungsinya.

APA ITU DRAIN PUMP AC :
Drain pump AC merupakan sebuah pompa kecil yang dipasang pada unit indoor AC. Pompa ini berfungsi untuk buang air kondensasi yang diwujudkan oleh AC. Air kondensasi ini terwujud ketika udara panas dan lembab di dalam ruangan yang mendingin dan mengembun pada evaporator AC.

FUNGSI DRAIN PUMP AC :
Fungsi Drain Pump AC merupakan untuk Menghindari Kelebihan Air, Mencegah Kelembaban Berlebih, Pencegahan Korosi, Pemeliharaan Kwalitas Udara, dan Peningkatan Efisiensi Daya.

Menghindari Kelebihan Air:
Drain pump menolong mencegah penumpukan air yang berlebihan di dalam unit AC. Tanpa drain pump, air kondensasi bisa menggenangi komponen dalam unit, menyebabkan kerusakan dan mengurangi efisiensi pendinginan.
Mencegah Kelembaban Berlebih:
Dengan menolong mengeluarkan air kondensasi, drain pump menolong menjaga tingkat kelembaban di dalam ruangan. Kelembaban yang terkontrol membikin lingkungan lebih nyaman dan mencegah pertumbuhan jamur atau kerusakan pada struktur bangunan.
Pencegahan Korosi:
Air kondensasi yang terjebak di dalam unit AC bisa menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam. Drain pump menolong mengurangi risiko korosi ini dengan mengeluarkan air secara efisien.
Peningkatan Efisiensi Daya:
Dengan menjaga supaya air tak menumpuk di dalam unit AC, drain pump menolong meningkatkan efisiensi daya. Unit yang berprofesi secara maksimal akan mengaplikasikan tenaga lebih efisien.
Pemeliharaan Kwalitas Udara:
Mengeluarkan air kondensasi secara teratur menolong mencegah pertumbuhan kuman dan jamur di dalam unit AC. Ini berakibat positif pada mutu udara yang diwujudkan oleh AC.

JENIS JENIS DRAIN PUMP AC :
Ada 3 tipe utama Drain Pump AC antara lain merupakan Pompa pembuangan sentrifugal, Pompa pembuangan piston, dan Pompa pembuangan kondensat.

Pompa pembuangan sentrifugal

Pompa pembuangan sentrifugal merupakan tipe pompa pembuangan AC yang paling awam. Mereka berprofesi mengaplikasikan impeller/rotor berputar untuk memutar air keluar dari unit AC. Pompa pembuangan sentrifugal relatif murah dan gampang dipasang, dan bisa dipakai dengan pelbagai tipe unit AC. Melainkan, mereka tak sekuat tipe pompa pembuangan lainnya, dan mereka mungkin tak bisa menangani aliran air yang tinggi.
Pompa pembuangan piston

Pompa pembuangan piston merupakan tipe pompa pembuangan AC yang lebih kuat. Mereka berprofesi mengaplikasikan piston untuk menunjang air keluar dari unit AC. Pompa pembuangan piston lebih mahal dan susah dipasang ketimbang pompa pembuangan sentrifugal, tapi mereka bisa menangani aliran air yang lebih tinggi dan lebih pantas untuk dipakai dengan unit AC yang lebih besar.
Pompa pembuangan kondensat

Pompa pembuangan kondensat merupakan tipe pompa pembuangan AC khusus yang dirancang untuk dipakai dengan unit AC tanpa saluran pembuangan. Pompa pembuangan kondensat kecil dan ringkas, dan gampang dipasang. Melainkan, mereka tak sekuat tipe pompa pembuangan lainnya, dan mungkin tak bisa menangani aliran air yang tinggi.
Macam pompa pembuangan AC terbaik untuk Anda akan bertumpu pada keperluan spesifik Anda. Bila Anda mempunyai unit AC kecil dengan saluran pembuangan, pompa pembuangan sentrifugal kemungkinan akan cukup. Bila Anda mempunyai unit AC yang lebih besar tanpa saluran pembuangan, Anda membutuhkan pompa pembuangan piston atau pompa pembuangan kondensat.

DAMPAK TIDAK MERAWAT DRAIN PUMP AC :
Drain pump AC merupakan bagian penting dalam metode pendingin ruangan yang berfungsi untuk buang air kondensasi dari evaporator. Bila drain pump tak dirawat dengan bagus, bisa menyebabkan sebagian akibat negatif antara lain Kebocoran Air, Pertumbuhan Jamur dan Lumut, Kerusakan Bagian AC, Penurunan Kwalitas Udara, dan Konsumsi Daya Berlebih.

Kebocoran Air:
Drain pump yang tersumbat atau rusak bisa menyebabkan air kondensasi meluap dan bocor dari unit AC. Kebocoran ini bisa merusak langit-langit, dinding, lantai, dan furnitur di sekitar unit AC.
Pertumbuhan Jamur dan Lumut:
Air yang bocor dari drain pump bisa mewujudkan lingkungan yang lembab dan pas untuk pertumbuhan jamur dan lumut. Jamur dan lumut bisa menyebabkan bau tidak nikmat dan alergi.
Kerusakan Bagian AC:
Air yang bocor dari drain pump bisa merusak bagian AC lainnya, seperti evaporator, kompresor, dan kipas. Hal ini bisa menyebabkan AC tak berfungsi dengan bagus dan memerlukan koreksi yang mahal.
Penurunan Kwalitas Udara:
Drain pump yang tersumbat bisa menyebabkan air kondensasi terbendung di evaporator. Air ini bisa menjadi daerah berkembang biak kuman dan jamur, yang bisa menurunkan mutu udara di ruangan.
Konsumsi Daya Berlebih:
AC dengan drain pump yang tak berfungsi dengan bagus patut berprofesi lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa menyebabkan konsumsi daya berlebih dan meningkatkan tagihan listrik.

CARA MERAWAT DRAIN PUMP AC :
Metode merawat Drain Pump AC merupakan dengan sistem Bersihkan bak drain AC secara teratur, Periksa tingkatan air di bak drain, Jangan membuang benda asing ke saluran pembuangan AC, dan Lakukan perawatan AC secara rutin.

Bersihkan bak drain AC secara teratur
Bak drain AC berfungsi mengumpulkan air kondensasi yang diwujudkan selama pelaksanaan pendinginan. Bila bak drain tak dibersihkan secara teratur, air bisa menggenang dan menjadi daerah berkembang biak jamur dan kuman. Ini bisa menyebabkan bau tak nikmat dan mengurangi daya kerja AC. Disarankan untuk membersihkan bak drain tiap-tiap 2-3 bulan sekali, tergantung pada seberapa kerap kali Anda mengaplikasikan AC, Matikan AC apabila terjadi kebocoran, Periksa tingkatan air di bak drain
Jenjang air di bak drain patut dijaga pada batas yang wajar. Bila air terlalu sedikit, pompa drain tak bisa berfungsi dengan bagus. Sebaliknya, apabila air terlalu penuh, air bisa meluap dan menyebabkan kerusakan pada bagian AC lainnya. Periksa tingkatan air di bak drain tiap-tiap bulan dan tambahkan air apabila perlu.
Jangan membuang benda asing ke saluran pembuangan AC
Saluran pembuangan AC tak boleh dipakai untuk buang benda asing seperti tisu, rambut, atau benda lainnya. Benda-benda hal yang demikian bisa menyumbat saluran pembuangan dan menyebabkan air meluap. Pastikan Anda menjaga saluran pembuangan AC konsisten bersih dan bebas dari benda asing.
Matikan AC apabila terjadi kebocoran
Bila Anda memandang adanya kebocoran air dari AC, lantas matikan AC dan hubungi teknisi AC untuk dibetuli. Kebocoran air bisa merusak bagian AC lainnya dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
Lakukan perawatan AC secara rutin
Perawatan AC secara rutin betul-betul penting untuk menjaga daya kerja AC konsisten maksimal dan mencegah kerusakan. Disarankan untuk menjalankan perawatan AC tiap-tiap 6 bulan sekali, terpenting apabila Anda mengaplikasikan AC tiap-tiap hari. Perawatan AC mencakup pembersihan saringan udara, pembersihan koil evaporator dan kondensor, serta pengecekan bagian AC lainnya.

KESIMPULAN :
Penting untuk merawat drain pump secara rutin supaya tak mengalami akibat negatif seperti kebocoran air, pertumbuhan jamur, kerusakan bagian AC, penurunan mutu udara, dan konsumsi daya berlebih. Perawatan melibatkan pembersihan bak drain, pengecekan tingkatan air, hindari memasukkan benda asing ke saluran pembuangan, dan menjalankan perawatan AC secara keseluruhan.

Dengan memahami pentingnya drain pump dan merawatnya dengan bagus, Anda bisa menentukan AC berfungsi dengan maksimal, memberikan udara yang sehat, dan menghemat daya. Jadi, jangan lupakan perawatan rutin untuk menjaga kesehatan dan daya kerja AC Anda!

Untuk Isu dan bantuan lebih lanjut dapat hubungi kami di WA, Elektronik atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

WA : +62 899-1736-699
Elektronik : sales@acwahana.com
Lokasi : https://acwahana.com/contact-us

ARTIKEL TERKAIT :
KLIK LINK DIBAWAH INI UNTUK MEMBACA JUGA APA PENYEBAB AC TIDAK KELUAR AIR :
https://acwahana.com/news/detail/apa-penyebab-ac-tidak-keluar-air-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *