CARA MENGATASI KEDAP-KEDIP PADA AC

Pada AC standar umumnya dilema AC yang senantiasa berkedip lebih kerap disebabkan oleh thermistor yang rusak. Sementara untuk jenis AC inverter umumnya disebabkan oleh AC yang kotor atau kekurangan freon. Lalu AC yang berkedip juga ditandai dengan performa AC yang menurun, seperti AC sudah tak terasa dingin lagi. Kedap-kedip umumnya ialah suatu langkah pencegahan yang berarti ada dilema yang terjadi di dalam bagian AC. Misalnya bila AC inverter terlalu kotor atau kekurangan freon, maka AC akan berkedap-kedip. Oleh sebab itu, penting bagi kita sebagai pengguna untuk mengetahui sistem mengatasi kedap-kedip pada AC.

APA PENYEBAB AC TIDAK BISA HIDUP
Ada beberapa penyebab biasa mengapa AC (Air Conditioner) tak dapat hidup. Berikut ialah lima penyebab AC tak dapat hidup :
Listrik Mati atau Gangguan Listrik : AC membutuhkan pasokan listrik yang stabil untuk berfungsi. Apabila ada gangguan listrik atau saklar listrik AC tak dalam posisi \\”On,\\” AC tak akan dapat hidup.
Remote Control Bermasalah : Apabila Anda menerapkan remote control untuk mengontrol AC, periksa apakah baterai remote sudah habis atau remote mengalami kerusakan. Remote yang bermasalah dapat menjadi penyebab AC tak dapat dihidupkan.
Filter Udara Tersumbat : Filter udara yang amat kotor atau tersumbat dapat membikin AC sulit untuk mengalirkan udara. AC mungkin tak akan menyala atau akan mati secara otomatis bila saringan udara tak bersih.
Kondensator Rusak : Kondensator ialah bagian elektronik dalam unit AC yang membantu mengawali motor kompresor. Apabila kondensator rusak atau mati, AC mungkin tak dapat dihidupkan.
Sensor Suhu Tak Berfungsi : AC dilengkapi dengan sensor temperatur yang membantu mengontrol temperatur ruangan. Apabila sensor temperatur mengalami kerusakan atau kegagalan, AC mungkin tak akan berfungsi dengan bagus atau malah tak akan menyala sama sekali.

Berikut Sistem Menuntaskan Kedap-Kedip pada AC berdasarkan Distributor AC
MEMBERSIHKAN MODUL AC YANG KOTOR ATAU TERKENA AIR :
Kebersihan modul AC amat penting untuk menjaga performa yang maksimal. Namun, terkadang dalam pelaksanaan perawatan atau pembersihan AC, dapat saja terjadi kecerobohan yang membikin modul basah atau terkena air.

Klik Link untuk Memesan Layanan Jasa AC Wahana Service Cuci AC :
https://acwahana.com/products/rinci/acwahana-jasa-service-cuci-ac-wall-mounted-split-[-0.5-pk–3-pk-]

Nah, bila modul basah, jangan cemas berikut ini ialah beberapa sistem yang tepat untuk membersihkan modul AC yang kotor atau terkena air :
Matikan listrik : Pastikan untuk mematikan sumber listrik sebelum membersihkan modul AC untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.
Bersihkan saringan udara : Buka panel depan atau akses saringan udara di unit AC dan bersihkan dengan lembut menerapkan sikat lembut atau penyedot debu. Apabila saringan terlalu kotor, pertimbangkan untuk menggantinya dengan saringan yang baru.
Periksa dan bersihkan kondensor : Kondensor ialah bagian yang terletak di luar unit AC. Pastikan bahwa kondensor tak tertutup oleh debu, daun, atau benda lainnya yang dapat menghalangi aliran udara. Bersihkan kondensor dengan sikat lembut atau semprotkan air lembut untuk membersihkannya.
Periksa dan bersihkan evaporator : Evaporator ialah bagian yang terletak di dalam unit AC. Buka panel yang melindungi evaporator dan periksa apakah ada kerak, kotoran, atau kelembaban yang berlebihan. Bersihkan dengan menerapkan kain lembut yang dibasahi dengan air atau solusi pembersih AC yang disarankan.
Periksa dan bersihkan saluran air kondensat : Saluran air kondensat ialah pipa atau selang khusus yang diaplikasikan untuk mengalirkan air yang terwujud dikala peralatan seperti pendingin udara atau kulkas bekerja. Pastikan saluran air kondensat tak tersumbat. Apabila ada petunjuk-petunjuk penyumbatan, pakai pipa kecil atau tabung vakum untuk membersihkannya. Pastikan saluran air kondensat bebas aliran agar tak menyebabkan kelembaban berlebihan di dalam unit AC.
Pastikan segala bagian kering : Setelah membersihkan modul AC, pastikan segala bagian sudah kering sebelum menghidupkan kembali sumber listrik. Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian AC.

MENGGANTI THERMISTOR YANG RUSAK :
Thermistor ialah bagian penting dalam AC yang berfungsi sebagai sensor temperatur. Apabila thermistor mengalami kerusakan, hal ini dapat menyebabkan dilema kedap-kedip pada AC. Umumnya, kerusakan pada thermistor akan menjadikan sinyal berupa kedap-kedip pada lampu timer. Apabila Anda mencurigai adanya kerusakan pada thermistor, segera gantilah dengan yang baru. Anda dapat membeli thermistor yang kompatibel dengan merek dan jenis AC Anda di distributor AC terpercaya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggantian yang dikasih oleh produsen AC atau meminta bantuan dari teknisi AC yang berpengalaman.

Berikut ini ialah langkah-langkah biasa untuk mengganti thermistor yang rusak pada AC :
Matikan AC : Pastikan AC dalam kondisi mati dan pastikan untuk menarik steker dari sumber listrik sebelum melaksanakan perbaikan atau penggantian bagian.
Buka casing AC : Buka casing AC dengan menerapkan alat yang layak, seperti obeng atau kunci tepat.
Identifikasi thermistor : Temukan lokasi thermistor di dalam unit AC. Umumnya, thermistor terletak di dekat evaporator atau pada saluran udara yang mengalir di dalam unit.
Lepaskan koneksi : Pastikan untuk mencatat posisi dan koneksi permulaan thermistor sebelum melepasnya. Lepaskan kabel atau konektor yang terhubung ke thermistor dengan hati-hati. Anda mungkin perlu menerapkan alat yang layak, seperti tang atau pinset, untuk melepaskan konektor dengan aman.
Pasang thermistor baru : Ambil thermistor baru yang kompatibel dengan merek dan jenis AC Anda. Tempatkan thermistor baru di posisi yang sama dengan thermistor yang lama dan pastikan kabel atau konektor terhubung dengan bagus.
Pasang kembali casing AC : Setelah memasang thermistor baru, kembalikan casing AC ke posisi semula dan pastikan segala baut atau pengunci terpasang dengan aman.
Uji performa : Sambungkan steker AC ke sumber listrik dan nyalakan AC. Periksa apakah dilema kedap-kedip sudah teratasi. Pastikan AC berfungsi dengan bagus dan temperatur dapat dikendalikan dengan benar.

Apabila Anda tak yakin atau tak nyaman melaksanakan penggantian thermistor sendiri, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi AC yang berpengalaman atau memanggil layanan perbaikan AC resmi untuk melaksanakan tugas ini.

MEMPERBAIKI JALUR YANG PUTUS PADA PCB MODUL AC :
Apabila AC Anda masih berkedap-kedip setelah pembersihan dan penggantian thermistor, kemungkinan ada dilema pada trek di PCB (papan sirkuit) modul AC. Apabila Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam soldering, Anda dapat mencoba membetulkan trek yang putus atau berwarna hitam pada PCB dengan hati-hati. Namun, penting untuk diingat bahwa perbaikan trek pada PCB membutuhkan keahlian khusus dan peralatan yang tepat. Apabila Anda tak yakin, lebih bagus serahkan tugas ini terhadap teknisi AC yang berpengalaman untuk mempertimbangkan perbaikan yang tepat dan menghindari kerusakan yang lebih parah.

MEMASTIKAN SOCKET TERPASANG DENGAN BAIK :
Socket yang kendur atau tak terpasang dengan bagus dapat menjadi penyebab kedap-kedip pada AC. Hal ini terjadi sebab ketidakstabilan arus listrik yang disebabkan oleh koneksi yang buruk. Untuk mengatasi dilema ini, periksalah socket AC dan pastikan bahwa kabel listrik terhubung secara rapat dan kokoh ke socket. Apabila socket mengalami kerusakan parah atau tak dapat diperbaiki, Anda dapat membeli socket baru yang layak dengan merek dan jenis AC Anda dari distributor resmi AC. Pastikan untuk mematikan aliran listrik sebelum mencoba melaksanakan perbaikan atau penggantian socket.

MEMERIKSA KIPAS INDOOR YANG TIDAK BERPUTAR :
Klik Link untuk Membaca Apa Saja Komponen Indoor dan Outdoor Pada AC :
https://acwahana.com/news/rinci/udah-tahu-belum-bagian-indoor-dan-outdoor-pada-ac

Kipas indoor pada AC berperan penting dalam mengembuskan udara dingin ke ruangan. Apabila kipas tak berputar, maka lampu indikator pada AC akan berkedip. Hal ini ialah petunjuk bahwa AC sedang mengalami dilema.

Untuk mengatasi dilema ini, periksalah kipas indoor AC Anda. Pastikan bahwa kipas berfungsi dengan bagus dan tak terhambat oleh debu atau benda-benda lainnya. Apabila kipas mati atau rusak, segera perbaiki atau gantilah dengan kipas yang baru. Jangan ragu untuk meminta bantuan teknisi AC yang berpengalaman bila dibutuhkan.

MEMBERSIHKAN AC YANG KOTOR :
Membersihkan AC yang kotor amat penting untuk menjaga performa dan efisiensi AC, terutama bila Anda memiliki AC jenis inverter. Apabila AC Anda kotor, lampu timer pada AC dapat berkedip, yang menjadi petunjuk adanya dilema. Debu, kotoran, dan serpihan lainnya dapat menumpuk di dalam AC, menghalangi aliran udara, dan mengganggu performa pendinginan. Oleh sebab itu, penting untuk melaksanakan pembersihan rutin pada AC Anda.

Berikut ialah beberapa sistem gampang untuk membersihkan AC yang kotor :
Matikan AC dan cabut kabel listrik : Pastikan AC dalam kondisi mati dan pastikan untuk mencabut kabel listrik sebelum mengawali pembersihan. Ini akan menghindari risiko kejutan listrik dan melindungi Anda dari bahaya.
Bersihkan saringan udara : Filter udara ialah salah satu bagian paling penting dalam AC yang perlu dibersihkan secara rutin. Lepaskan saringan udara dari AC (umumnya terletak di bagian depan AC) dan bersihkan dengan menerapkan kuas lembut atau vacuum cleaner. Pastikan untuk menghilangkan segala debu dan kotoran yang menempel pada saringan. Apabila saringan sudah terlalu kotor, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.
Bersihkan kisi-kisi : Kisi-kisi ialah bagian yang melindungi bagian dalam AC dari kotoran dan serpihan besar. Gunakan kuas lembut atau vacuum cleaner untuk membersihkan kisi-kisi secara hati-hati. Pastikan tak ada debu atau kotoran yang tersisa di kisi-kisi.
Bersihkan bagian luar AC : Komponen luar AC juga perlu dipandang. Gunakan kain lembut yang sedikit basah untuk membersihkan permukaan AC dan menghilangkan debu atau kotoran yang kelihatan. Hindari menerapkan air berlebihan atau bahan kimia yang keras.
Panggil teknisi AC bila perlu : Apabila Anda merasa tak yakin atau berharap melaksanakan pembersihan yang lebih mendalam, lebih bagus memanggil teknisi AC untuk melaksanakan layanan pembersihan profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk membersihkan AC dengan aman dan efisien.

MEMERIKSA KADAR FREON AC :
Freon ialah refrigeran yang diaplikasikan dalam sistem pendinginan AC. Apabila AC kekurangan freon, lampu timer pada AC akan berkedip. Kekurangan freon dapat mengakibatkan penurunan performa pendinginan dan kenyamanan ruangan.

Untuk mengatasi dilema ini, Anda perlu menghubungi distributor AC atau teknisi AC yang terlatih untuk memeriksa kadar freon AC Anda. Apabila memang ada kekurangan freon, teknisi akan melaksanakan pengisian ulang freon layak dengan merek dan jenis AC yang Anda miliki. Penting untuk diingat bahwa pengisian ulang freon seharusnya dilaksanakan oleh teknisi yang berpengalaman dan memiliki lisensi yang layak.

Klik Link untuk Membaca Penyebab AC Tak Dingin :
https://acwahana.com/news/rinci/penyebab-ac-tak-dingin-namun-baru-dipasang

Dalam menghadapi dilema kedap-kedip pada AC, dengan langkah-langkah yang sudah digambarkan di atas, Anda memiliki kunci untuk mempertimbangkan performa maksimal perangkat pendingin udara Anda. Namun, ingatlah bahwa bila Anda merasa ragu atau kurang berpengalaman, senantiasa bijak untuk memanggil teknisi AC berpengalaman atau menghubungi dealer resmi. Dengan bantuan profesional mereka, Anda dapat merasakan kesegaran yang tak tergantikan, tanpa perlu mengkhawatirkan dilema yang mungkin muncul.

Klik Link untuk Mengetahui Harga Jasa Pasang AC Jakarta dan Tangerang :
https://acwahana.com/news/rinci/harga-jasa-pasang-ac-jakarta-dan-tangerang–acwahana-

Untuk Info dan bantuan lebih lanjut dapat hubungi kami di WA, Surat atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top